Tuesday, July 24, 2012

Adzan Maghrib Di Anseong



Gelap bakalan segera dateng pas Gue ngisi deretan bangku depan kereta KTX, yang merupakan kereta tercepat di Korea dengan kecepatan ampe 300 km/jam. Sepanjang perjalanan dari Daejon ke Anseong paling cuma butuh waktu beberapa menit. Tapi durasi puasa yang panjang nguras habis energi gue. Bayangin aja Shubuh jam 4, maghrib jam setengah delapan malem! Apalagi sekarang musim panas. Panas di cuaca, panas di otak.

Akhirnya kereta nyampe juga di stasiun Anseong. Jam di lobi nunjukin jam 7 tepat. Jiah! Buka puasa masih setengah jam lagi. Kalo gak mau kopdar ama temen maya gue, gak bakalan deh gue keluar dari kos-kosan.

Ya udah, deh! Mending gue nyari ta'jil dulu buat buka. Biasanya mushola-mushola di sini nyediain ta'jil buat musafir kayak gue. Dan bisa elo bayangin gambaran mushola di sini kayak apa? Well, cuma ruko yang bagian atasnya disewa ama komunitas muslim trus dijadiin mushola. Dimana mereka pake buat sholat, sharing dan ngelepas lelah seusai kerja.

"Ek - Sak !", dari belakang kayak ada yang manggil nama gue dengan logat Korea. Jadi kesannya terbata-bata pas nyebut nama gue. Gue pun noleh ke belakang.

"Astaghfirullah!", gumam gue ngeliat sosok cewek yang micingin matanya neliti gue dari ujung kaki ampe ujung kepala.

Bukan gimana-gimana, kecepetan gue baca istighfar padahal tuh cewek kagak kenapa-napa. Ketutup banget malah! Gak pake rok mini kayak banyak yang gue liat di sepanjang jalan dari stasiun tadi.

"As-sala-mu 'ala-i-ku-m...!", sapanya terbata-bata. Gue takjub ternyata dia uluk salam ke gue.

"Wa 'alaikum salaam wa rahmatullahi wa barakatuh!", jawab gue masih dalam ketakjuban.

"Han-Hye-Ae...!", ganti gue yang terbata-bata ngeja namanya. Cewek ini gue kenal dari blog. Waktu itu sebelom magang ke sini, iseng aja gue minta diajarin bahasa korea ama dia. Eh, dia respon! :-D

"Annyeong haseyo...", sapanya lagi. Kali ini gak terbata-bata. :-P

"An-nye-ong-ha-se-yo-...", wah! Jawaban gue payah. Bhahaha...

"Have you fasting today?", tanyanya lagi. Untung deh, dia maklum. Coba kalo dia pake bahasa Korea lagi? Mau ditarok dimana lidah gue? Dengan sabar dia ngajarin gue secara online, tapi emang guenya bego kagak mudeng-mudeng! Huh...

"Yes, ay yem!", setdah! Kenape english gue jadi amburadul gini?

"C'mon! Kita buka puasa! Udah waktunya, nih!", katanya sambil tersenyum manis. Dan pasti elo langsung estimasi, gue bakal tepar dan kejang-kejang ngedenger dia ngomong bahasa Indonesia dengan lancarnya. Gak lah! Malu gue! Kaget setengah mati kayak apa, tengsin lah kalo musti gedubrak di depan cewek.

"Hey, kok bengong? Let's go!", kata Han Hye Ae sambil melambaikan tangan, 5 meter dari tempat gue bengong.

Adzan Maghrib berkumandang. Gue gak jadi nyari ta'jil di mushola. Akhirnya bareng Han Hye Ae, gue makan kimchi ama lemon tea di lesehan. Abis itu kita nyari mushola buat sholat Maghrib. Trus kita ngobrol dikit di bangku beton salah satu taman kota Anseong. Tentu aja pake bahasa ibu kita pertiwi, biar nyambung. Ternyata Han Hye Ae baru belajar bahasa Indonesia setelah kenal gue di dunia maya beberapa tahun lalu. Otodidak dan lancar! Gak kayak gue! Huft, payah!

Dan yang bikin gue makin amaze bin takjub, ternyata dia udah dua kali ini ngejalanin puasa Ramadhan! Waww!

Waktu nunjukin jam 9 lewat 15 menit saat dia ngucapin, "Annyeonghi kyeseyo!". Tepat ketika adzan Isya' dilantunkan dari ruko mushola. :-) Kita pun berpisah dan berjanji bakalan ketemu lagi. Tapi gak tau kapan?

Jam setengah sepuluh, gue udah ada di mushola buat sholat Isya' dilanjutin ama sholat Tarawih. Jam 10.45 gue udah ada di dalam KTX lagi. Ninggalin kota Anseong yang malam ini penuh kesan. ;-)



47 comments:

  1. ta'jil nya kimchi...kebayang deh liat muka eksak meringis ngerasain asem'nya kimchi....wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkakakakak....betul! gak bisa dibayangin tuh mukanya si eksak!

      Delete
    2. Hisy... Siang2 gak boleh ngomongin orang laen, ea...

      Tapi bener, gue kira kimchi rasanya manis2 kayak kurma gitu! Jadi pas kalo buat ta'jil! Bhahaha

      Delete
  2. jiaah...kaka Eksak ga ngajak ngajak ke korea. hihihi

    ngagetin aja inspirasi loe Sak..hedeeeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yahhh, Mimi dicariin mah muter aja! Ke kantor-sekolah-pesen buah-katering-atm-ke sekolah-ke kantor lagi, gue kan bingung mo nyamperin kmn, Mi!
      Bhahaha

      Delete
  3. benaran apa kagak nih go korean? bhahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kang! Kemaren, pake pintu kemana aja-nya dorayaki! Bhahaha

      Delete
    2. kang font blog ente apa namanya? demen dimata...

      Delete
    3. Font ya? Kalo gak salah MT Console, kang! Hehehe

      Delete
  4. ciyee ciyee, are you fasting?? untung gawe boso bule yoo gawe korea terus wes mbelibet mas lidah e,w akakak :D

    Kimci menu buka, enak?? #bayangin perut mules kena mikchi pedes kecut, wakakak :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hisy... Gak laper ya niar ketawa trus? Bhahaha, yg penting usus gak ikut belibet! ;-)

      kimchi kan gak beda jauh ama asinan bogor, yg jelas beda bgt ama kolak! Bhahaha

      Delete
  5. nah elu ...ku telepon ga diangkat, ku sms ga dibalas, apaaaa sih maumu #nyanyi
    Bhuahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku gak punya a-te-emmmmmmm.... ;-(

      Delete
  6. hahaha,,, gue heran,, kenapa ya di negara2 lain bisa setragis gitu waktu magribnya?
    apa jam 7 masih terang2 aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gitu sama, sob! Gue juga heran... :-P

      Delete
  7. waw korea ? such a nice place bro, kapan2 ajak gue lah om kesana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bhehehe, beres tu sob! Kapan gue ajak? #nah loh!

      Delete
  8. mangtebs deh pengalamannya..berpuas di negeri orang pasti beda banget rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya beda banget, sob! :-)

      Delete
  9. sepertinya ada yang kalah telak nich...keduluan orang korea-nya yang belajar bahasa indonesia..ajib ajib....semangat, pengalaman dinegri orang yang luarbiasa..terimakasih sudah berbagi kisah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, apa sih Indonesia yg gak kalahan? #ups! Hehehe, sama-sama Sob! ;-)

      Delete
  10. katanya anak laki...senengani yo kowk ATM = Alat Tenun Menenun ckckck

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bhahaha, itulah knp dulu gue cita2 pengen jadi chef: ahli tenun menenun! Gak cuma cewek kan? B-)

      Delete
  11. subuh jam 4, magrib setengah 8..

    aduh.. seperti apa kejadiannya tuh kalo siangnya lebih panjang..
    suhu berapa bro..?
    mungkin aja suhu panas karena disana harusnya lebih dingin dari pada indonesia.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan lagi musim panas, sob! Kalo suhunya gak tau brp? Ane gak pernah ngukur! Hehehe

      Delete
  12. masya Alloh bang ek-sak ke korea hhihii. gak nyangka deh senangnya bisa ketemu juga ama siapa? ah bingung bahasanya ayeng ayong ga jelas,enyong sisan yah wong tegalan ckckkckckc.

    Berasa apa yah klo baca disini. unyu2 tapi huehahhahahha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bhahaha, ya kaya kuwelah! Basane nyang nyong priben lah kuwe! Ora beda karo basa ngapake dhewek, Nur! Hehehe, lamun unyune ya saka kanane wis kaya kiye! Bhahaha

      Delete
  13. beneran dikorea? sukses deh kalo bener2 disana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bener, kok! Aamiin... ;-)

      Delete
  14. . . yachhhhhhhhhhhhhhhhhhh,, aq kok gak dibungkusin sich "sak"?!? jahat bin puwit nich ma aq. huhh . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. .haaaaahhhhhhhh.......?! Dibungkusin apaan, phie? Huhuhu, dikatain jahat bin puwit! Hiks...

      Delete
    2. . . ya kn kalo km buka di luar,, ya jangan lupain aq gitu loch "sak". huhh . .

      Delete
    3. Okeh! Kalo dibungkus, gak bakalan lupa deh.... :-P

      Delete
    4. . . apa nya yg di bungkus?!? huhh . .

      Delete
    5. . Yea.. Maksudnya aku gak bakal lupain kamu gitu, pie! Jd kemana-mana kamu yg tak bungkus, biar gak lupa trus ketinggalan! *hahh..

      Delete
    6. . . ich,, ich,, 'sak' jahat ich. masa aq mau dibungkus gitu. kayak makanan aja aq nich. huhh . .

      Delete
    7. Yihaaa, elu kan makanan buat hati dan jiwaku, Pie! :-P hehe

      Delete
  15. Ooooh ternyata bang Eksak di Korea tooohh..
    Assiik nih Rhamadan di Negri orang.. #Happy Fasting =D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapa bilang, GIA??! Happy fasting too... ;-)

      Delete
  16. Di sana ada kolak pisang ama es cendol ga ya, Bang? :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kalo ane yang jualan! Hehdge

      Delete
  17. bang eksak.. itu beneran mbak koreanya, ngomong pake bahasa indo.. #wew.. #takjub

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan takjub! Sbelum ane bilang itu cuma piksi! Hegehd

      Delete
  18. wah... mantap, bisa terjadi cinta lokasi nie :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, dimana lokasinya? ;-)

      Delete
  19. weiii... ente berarti buka bareng cewe dong gan, ehm, ehm, boleh dong kenalin. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh! Anak sini aje, kok! Namenye naye si belo anak betawi aseli! Hehehdd

      Delete