Sunday, June 17, 2012

Gue Orang Indonesia !

Assalamu 'alaikum, Sobat! Gimana kabar elo? Baik-baik aja, kan? Ketemu lagi ama gue, masih nakana elu-gue, elu elu, gue gue [diambil dari lirik Makassar Bisa Tonji - Art2tonic].

Sebuah pilihan ketika gue lebih suka pakai kata ganti "Gue" daripada "Aku" atau "Saya". Ini biasa gue pakai dalam percakapan sehari-hari [karna gue lebih sering hidup di perantauan] dan dalam bahasa penulisan [biar terkesan lebih santai]. Makanya gue sempet gak yakin bisa menang dalam setiap kontes menulis yang gue ikutin. Apalagi penyelenggara kontes yang selalu menekankan pada cara bertutur dan gaya penulisan dalam proses penjuriannya.

Mungkin juga juri lebih nyaman ngebaca tulisan dengan bahasa baku ala "Saya" daripada bahasa prokem dan urakan ala "Gue".

Terus kenapa gue tetep ikutan ngontes? Well! Yang penting partisipasi aja, deh! Karna kata "Gue-Elo" kayaknya udah melekat banget pada Indonesia. Khususnya pada bahasa dan individualitasnya. Gak nyangkal kan kalo penggunaan logat "Gue-Elo" cenderung dianggap punya sifat egois. Kata Babe, "Gue ya gue, Elo ya elo!"

Waktu gue cari referensi di Google, kebanyakan gue cuma nemuin artikel tentang asal kata "Gue-Elo" yang berasal dari bahasa Betawi. Itu sih semua orang juga udah tau! #close [X] Google.

Di era digital ini, apa sih yang gak cepet? Adegan film dan talk show dengan logat "Gue-Elo" ditonton orang senusantara setiap jamnya, bahkan setiap menit. Belum lagi orang dari daerah yang pergi merantau? Berbaur dengan berbagai macam suku dan dialek bahasa. Ketika kata-kata "Gue-Elo" lebih akrab di telinga daripada kata "Saya-Anda". Dalam perbincangan di warung kopi bareng temen kantor, dalam obrolan santai sesama karyawan, atau ngerumpi di acara arisan bareng ibu-ibu komplek.

Kemudian kata "Gue-Elo" dicap sebagai fenomena bahasa gaul. Bahasa yang kerap dipakai dalam pergaulan sebagian kalangan. Terus kenapa kata "Saya-Anda" gak disebut bahasa gaul? Siapa bilang? Tentu aja itu berlaku buat sebagian kalangan lainnya. Tapi terus jangan beranggapan penggunaan kata tergantung pada jenjang sosialnya, ya! Jangan bilang kalau logat "Gue-Elo" cuma dipakai preman, anak jalanan, kuli dan kalangan menengah ke bawah atau kata "Saya-Anda" yang cuma dipakai oleh orang terpelajar, orang kantoran, pejabat yang menengah ke atas! Gak gitu juga, kan? Karna bahasa adalah milik kita semua. Dan kita semua adalah bangsa Indonesia!

Begitu banyak hal yang tipikal Indonesia banget. Adat istiadat, sosial dan budaya, atau bahasa dan logat kayak yang gue bahas di atas. Hal-hal itu begitu lekat dengan Indonesia. Sehingga ketika orang mancanegara ngeliat kita dengan suatu hal, mereka bakal bilang, "Itu lho orang Indonesia!" Tapi tetap pada hal-hal yang baik, kan? Bukan pada korupsinya, terorisnya atau tawurannya! ;-)

Happy Blogging 'n Keep On Fire!
Wassalaam...





61 comments:

  1. Wahahhahaa... ikutan lombak thoh si akang mah :D
    Saya mah pake bahasa Indonesia ajah wkwkwkww...

    Semoga menang kang kotesnya, kapan2 kita ikutan kontes burung kenari juga yak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahhahaha... petromaxx euy...

      Delete
    2. Lomba burung kenari? Lomba berkicau maksudnya? Bhahaha, yg penting indonesia, dong! Bhahaha

      Delete
  2. gue orang Kere bro...wkakakakka..! wah, mo liat2 dulu acara lombanya! bisa ngikut nih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Moga kita semua menang, Bung! Aamiin...

      Delete
  3. Gue cuman pake kata ganti ini setiap kali komen doang, kalo mosting blog lebih menekankan aku, biar nggak sama aja ama yang lain yang kebanyakan pake kata gue, gitu lah pokoknya, goodluck sak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bhahaha, gue gue elu elu dah Kurz! Gudlak juga buat elu! :-D

      Delete
  4. hihihi, gue malah gak pernah pake tuh kata kkl di postingan, kalo ngoceh udah pasti gue pake sob, atau chat, lebih sering tuh pake gw-elo-end, hehehehe :D
    ingat-ingat pesen gw !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mana yang dirasa nyaman aja sih, Mon! Namanya juga anak muda, masih dalam pencarian jati diri! Bhahaha... Inget2 ketawa gue ya, Mon! Bhahaha

      Delete
    2. hihihi, husss :P
      brow, loe masuk ke menu stting elo, trus add widget aja, pilih deh feed, selesai, gitu doang kok #manja :P

      Delete
    3. Udah gue pasang! Bener gitu gak sih, Mon!

      Delete
  5. ini bahasan anak muda....
    kite nyimak aje :-P

    ReplyDelete
    Replies
    1. .Bukannye mimi berjiwa muda? Chaiyo, Mimi... :-)

      Delete
    2. aku juga ikutan mimi aja ah.... menyimak dengan santun, ini bahasa anak muda ya Mi? :)

      Delete
    3. Silahkan, Al! Padahal gue tau Al tuh selalu berdarah muda! Ya gak, Sobs? ;-)

      Delete
  6. gue elo itu lebih terkesan santai, tapi juga harus ditempatkan pada posisi yg tepat..
    keep bloging yah, semangut *sayur kali :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, sob! Pastinya tetep di indonesia, dong? Gak mungkin dipake di india, kan? Entar jadinya gue ketumbar kemiri jahe dong! Bhahapha

      Delete
  7. lo ┒('o'┒) gue (┌','┐) end ┒(⌣˛⌣)┎ hehe

    kalo aku sih tergantung siapa yang diajak bicara, temen2 sekolah dulu biasanya pake "gue elo", temen2 diluar itu "aku kamu", temen2 kantor atau yang bersifat ofisial pake "saya bapak/ibu/mas/mba", pernah kesel terus ngomong "maksud lo??" sama suami yang ada langsung dipelototin, kalau perlu dijitak :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang kudu gitu, N! Maksud loh? Yg penting gak kena jitak suami aja! Bhahaha

      Delete
  8. trgantung nyamannya sajalah yak..

    sukses mas brow

    ReplyDelete
    Replies
    1. Weih, elo bener lagi, Zay! Perasaan dari kemren elo bener mulu, deh! Bhahaha

      Delete
    2. asyiiiik dah THR gw gede berarti dari lo nanti ya wkwkwkwk

      Delete
    3. Oke dah! Sip! Gue tau nih bocah lagi ngelindur! Bhahaha

      Delete
  9. Melu entuk ra yo, KAng...

    Tapi koq kudu punya efbe dan tuwiter ya? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak kudu! Yg penting bisa baca tulis, kang! Buahahaha

      Delete
    2. Ora yooo... di form pendaftaran emang kudu punya koq.
      Gak sido melu wis....

      Delete
    3. Hari gini gak punya fb 'n twitter? Mbok jgn terlalu zuhud, kang! Bhahaha

      Delete
  10. Gue nganggo sing ngendi wae sing penting penak lah~
    Aku rep melu iki rung ana ide rek...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Melu ae rek! Ide opo ae sing penting penak! Hehehe

      Delete
  11. hidupp indonesia... :D
    gueh suka gayah lo bro...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Zedahh! Babe elo, lo panggil Bro? Ckckck

      Delete
  12. wow, aku lebih bisa pakai aku kalau di tulisan. terkesan gimanaa gitu. gue elo aneh menurutku, seperti anak gaul :D haha. saya anda biasa kupake kalau formal dan sopan.

    sak, kerjakan pe er dariku ya
    http://www.nurmayantizain.com/2012/06/tulisan-berantai-topsy-kretts.html
    thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eksak kan emang anak gaul, Nur! Gaul gimana gitu? Bhahaha, pe-er? Medikipe... Cap stempel penerimaan! :-*

      Delete
  13. kalo ane ente kayak arabian ya :/
    semoga menang yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Arabian night ya, sob! Makasih dukungannya... ;-)

      Delete
  14. wah.. kalo mia sih belang2, kadang panggil nama sendiri, kadang pake kata aku, kadang saya, kadang gue... gmn mood aja. mood geje wqwqwqw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bhahaha, mia emang geje! Sukanya aja mitologi yunani! Mantep, dah... B-)

      Delete
  15. masih mending pake lo-gue. drpada ane-ente... berasa diri org arab kali yaaa hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mia lagi nih yang komen! Berasa jadi orang! Bhahaha

      Delete
  16. Yap, banyak yang baik di Indonesia. Dan masih banyak orang Indonesia baik2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoyoi, bener banget Bu! Termasub Bu Mug juga baek! ;-)

      Delete
  17. bagus tulisanx sob..., indonesia banget..!, mayoritas nak2 Makassar gk pake kata2 gw2 elo2, cz klo pake gw2 elo2 akan di ejek dan ejekan ini cukup terkenal di Makassar, aslix ejekan ini dgn dialek makassar yg kurang lbh artix gini 'Monas sdh pindah ke Makassar', hehhe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bhahaha, untung gak Ragunan yang pindah ke Makassar, sob! Hehehe

      Delete
  18. Pokoknya Lo -Gue end wkwkw..

    Templatenya nyaman banget nih.
    Assalamu'alaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa 'alaikum salaam...
      Lo gue eek! Bhahaha, thank ya, sob! ;-)

      Delete
  19. semoga aja demikian sob, jgn sampe deh terkenal karena korupsinya... hehe..
    Sebetulnya negara Indonesia itu paling kaya sob (kaya bahasa, kaya budaya, dsb), knp ya org2nya pada korupsi?

    apa perlu kita panggil Om Jin utk menghilangkan korupsi? haha... ngawur!
    :D iklan bgt ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah! Kalo itu jangan tanya gue, sob! Gue bukan om jin! Paling juga gue jawabnye, "Wani piro?" bhahaha

      Delete
  20. kalo saya sih ngikutin ngikutin sikon aja, kalo yg punya sikon pake elu gue, saya ngikut aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Zap! Bener banget! Lo gue emang kudu ngikut sikon... :-)

      Delete
  21. gue belon bikin neh...wkwkwkwk...#latah deh

    Kalau di postingan dulu berversi 'aku' kemudian mantap pilih versi 'saya'. Nah kalau comment baru deh beradaptasi dengan siapa yg di comment, jika sdh akrab ya pake 'aku' deh,,

    Oia, wa'alaikum salam dari gue deh...xixixiix

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa 'alaikum salam juga dari gue, mbak! Emang perlu kemantepan kok, pilah-pilih kalo diri sendiri gak mantep kan gak nyaman jadinya! Hehehe, lo gue plend! ;-)

      Delete
  22. "GUE" lebih bermasyarakat di Indonesia dan sering didengar untuk percakapan sehari - hari, bener ga bro???

    ReplyDelete