Friday, May 18, 2012

Relativitas Hukum Kopi & Rokok Dalam Kitab Irsyadul Ikhwan Fi Bayani Ahkami Syurbil Qohwah Wad Dukhon

rokok
Asal Mula





Assalamu 'alaikum, Sobat! Malam Sabtu. Setelah Malam Jum'at kampus libur, Malam ini kami pun kembali berhalaqoh. Diskusi ilegal santri ndugal di teras portal. Ditemani rock 'n roll jangkrik, gak lupa si gelas hitam dan berkubik-kupik asap melukisi malam. Sesekali kata-kata ilmiah populer terlontar dari bibir kami. Kayak gak mau kalah ama magister akademik yang lagi presentasi. Sruput demi sruput kami nikmati. Kebul demi kebul bangkitkan spirit kami.

Well, itulah sedikit ilustrasi yang biasa gue lakuin kalo lagi ngumpul ama ekosistem intelektual sompral kampus gue. Kayaknya emang gak bisa say good bye ama yang namanya kopi dan rokok.

Udah denger kan Fatwa MUI yang ngeharamin rokok? Tentunya Gue dan Ekosistem kontra banget ama fatwa beginian. Kami nganggep Komisi Fatwa MUI gak mufti secara hakiki kayak yang ada di kitab-kitab fikih andalan kami. Dan buat kami, kopi dan rokok tetep punya [minjem istilahnya dhe einstein] relativitas hukum!

 
kitab kopi & rokok
Cover

Nah, [sori, agak telat!] resensi gue kali ini bakal ngangkat tema tarik ulur hukum dua sejoli itu. Adalah Kitab Irsyadul Ikhwan Fi Bayani Ahkami Syurbil Qohwah Wad Dukhon karya Kiai Ihsan Jampes, Kediri. Klop ama judulnya, kitab ini ngupas tuntas masalah kopi [qohwah] dan rokok [dukhon] dari sisi historis, polemik hukumnya ampe uraian plus-minus dari keduanya. Kiai Ihsan ngasih informasi ke kita bahwa tembakau [Al-Tabghu) adalah taneman khas daerah Tobago, Meksiko, Amerika Utara. Pasca benua Amerika dibuka dan dikenal, orang-orang Eropa pada dateng ke Tobago. Tradisi ngerokok tuan rumah ditiru ama orang Eropa. Trus pada 1560 M [977 H], Yohana Pailot dari Vunisia ngunjungin Raja Al-Burnuqol Amerika. Pas pulang, do'i ngebawa bibit tembakau ke kampungnya. Selanjutnya Eropa ngekspos tembakau secara besar-besaran lewat proyek kolonial. [hlm. 9]

Dan kopi dikenal dan dikonsumsi orang Arab setelah dua generasi hijrah kenabian. Lagi-lagi pada 1600 M [1017 H], kopi diboyong ke Eropa dan tersebar ke seluruh dunia. [hlm. 10]

Dulu banget sebelom MUI ngeluarin fatwa kontroversial soal rokok, perdebatan sengit udah ada sejak awal abad ke-10 H. Kopi juga gak luput dari perseteruan. Ulama yang digawangi Ibnu Sulthon, Syiria dan Syekh Sanbathi, Mesir ngeharamin kopi karna ngeliat ada unsur madharat kalo ngeminumnya. Sementara Najm Al-Ghazi, Ibnu Hajar Al-Haitami, dan Imam Ramli punya perspektif laen. Menurutnya, kopi bisa nyegarin, ngerangsang kinerja berpikir, ngurangin ngantuk, ningkatin vitalitas sebagai penopang kekuatan beribadah dan yang jelas gak nimbulin efek negatif. Dengan konklusi akhir, minum kopi dibolehin! [hlm. 11-16]

Tentang rokok pun pertarungan wacana gak bisa dihindarin. Pendapat yang dipelopori Syekh Al-Qulyubi dan Syekh Al-Laqqoni dengan tegas ngeharamin rokok. Pertimbangan yang dijadiin acuan adalah smoking bisa ngerusak kesehatan, baunya gak enak yang pastinya dibenci masyarakat, pemborosan, ngilangin kesadaran dll. [hlm. 19-26]

Gagasan itu dihantam habis-habisan ama Syekh Abdul Ghani, Syekh Syibromalisi, Syekh Al-Barmawi dkk. Menurut mereka, rokok kadang bisa ngasih semangat dalam ngejalanin hidup. Malah kata Syeh Mas'ud bin Hasan, rokok bisa ngilangin serak-serah basah! Nah, loh!? [hlm. 29-30]

Dari perang ide di atas, ada pendapat ketiga yang lebih masyhur dan gue suka. Karna bikin sejuk dan damai antara dua kubu yang berkesan fanatis-apologis. Syekh Al-Bajuri dan Syekh Al-Syarqowi adalah pentolan pendapat ketiga yang nyimpulin rokok Makruh diliat dari sisi manfaat, madharat, sosial dan ekonomisnya. [hlm. 37]

Bisa gue simpulin, hukum kopi dan rokok yang tertuang dalam kitab ini berpijak pada alasan [illat al-ahkam] dimana sebuah hukum dibangun di atasnya. Halal dan haram dibentuk atas alasan masing-masing yang udah dipaparin ama para pencetusnya. So, terjadilah relativitas hukum yaitu ketika alasan berubah maka hukum ikut berubah.

Gue demen Kiai Ihsan ngerekam polemik dan sejarah kopi dan rokok. Karya putra Kiai Dahlan, Kediri ini patut diapresiasi dan dibanggain. Tanya kenapa? Bukan karna gue doyan kopi dan rokok! Tapi karna pada masa beliau, saat para penulis asal Jawa yang go internasional [kayak Imam Nawawi, Banten dan Kiai Mahfudz, Tremas ] cuma ngambil tema fikih, hadits dan tasawuf, Beliau dengan piawai mampu ngerespon problem sosial-kultural yang ngakar dari saat itu ampe sekarang. Saluto!

Hwoaaaammm.... Udah, ah! Kucel banget gue! Kopi, kopi! Siapa yang pengen ngirimin gue kopi? Buat temen rokok gue. Bhahaha... Pastinya santai tanpa batas buat elo yang ngalamin weekend! Gue? Gak!

Happy Blogging 'n Keep On Fire!
Wassalaam... ;-)


56 comments:

  1. Kalo kopi emang ada manfaatnya. Kalo rokok? Cuma ngisep sedikit aja udah berdampak buruk buat kesehatan. Apalagi banyak? Mending duitnya buat beli beras daripada buat beli rokok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah bedanya pendapat orang, Mil! :-)

      Delete
  2. wenakk keliatannya kebal kebul yo @.@ tapi aku ra seneng rokok jeh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak papa, sob! Gue juga gak doyan, kok! Hehehe

      Delete
  3. ah, asal yg haram gak jadi halal dan yg halal gak jadi haram, gak melenceng dari syariat wajib, kenapa repot, otak gue juga butuh nikotin sob, hahahay :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, elo pecandu juga, Mon! Yang penting gak nyalahin syari'at, kan? Bhahaha

      Delete
    2. yoyoyoyoy sob yg penting gak salah jalur :D

      Delete
  4. wah dalem sekali nie bahasanya. emang jadi polemik ya. tapi kopi itu bisa bikin mabok loh gan, makanya bisa di haramin. coba aja minum kopi satu ember.. kalo ga mabuk, heheh. have a nice bloging.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seember buat 2 hari, sob! Bhahaha, have a nice day juga buat ente... ;-)

      Delete
  5. Suapa pasti ada sisi manfaat dan mudorotnya, tinggal pilih-pilih mana yang lebih banyak..
    tentunya semua yang berlebihan itu tidak baik, yang berlebihan yang tadinya halal bisa jadi hukumnya haram..

    mantaaap banyak juga kitab yang di kupas... rokok ini memang ngga abis abis kalau di bahas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udud oge urang, Zay ^,^ hehehe...

      Delete
    2. ari urang alhamdulillah ente.. hehehe....

      Delete
    3. alhamdulillah...

      Delete
  6. semalem pas buka nih lapak, yg komen baru mbak Millati. Berhubung udah nguantuk + temanya berat, enggak jadi komen. hahaha.

    sepakat sama uzay, apapun yg berlebihan pasti enggak baik. Kebanyakan minum kopi maupun merokok, pasti juga akan membawa dampak negatif. Tentang halal & haramnya rokok, aku setuju sama Syekh Al-Bajuri dan Syekh Al-Syarqowi saja deh.

    Asalkan tuh asap rokok enggak dikebul-kebulin ke aku, aku enggak bakalan protes.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah! Keren enha! Ngambil pendapat yang itu... Pro dong! Mantep, yg penting gak berlebihan! Akur... ;-)

      Delete
  7. hahaha, hanya karena kopi ama rokok, perdebatan bs hebat gitu ya sob?
    tp jujur sob, aku sama sekali gak kenal ama yg namanya rokok...
    kalo kopi sih..wajib tiap pagi... hehe...
    sipplah...

    No Kopi, No smoki...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sob! Ane juga gak kenal, tapi nyandu! Hehehe, kalo kopi malah jarang. Paling kalo lagi pengen! :-)

      Delete
  8. Yaiy! Hidup kopi hidup asap! Tapi gw gak ngerokok sih... :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mana ada mereka hidup? Ckckck :->

      Delete
  9. eh udah denger belom katanya ada unsur B2 dalam rokok? aku pernah baca di manaa gitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pembuktian laboratnya gak menyakinkan! Lagian kan bagus ada unsur B2-nya, apalagi B12 ? Bhahaha

      Delete
  10. aku...aku.. aku gak suka aseepp rokookkkkk... :)
    aku sukanya asep anak ceu Mumun...bhuahahahaha :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. asep bukan anaknye encang romli, nay? bhahaha

      Delete
  11. haha mantap ,, saya udah lama ngincar ni buku..

    ReplyDelete
  12. WEiii...ada relativitas hukum di sini...
    Saya juga gak ikutan mengharamkan rokok lho...#sapa saya ya?
    Kalu kopi...kopi kan ada manfaat sekehatannya, hanya kalau over dosis [lebih anyak minum kopi ketimbang air putih] itu baru yg bikin 'haram' karena kan merusak tubuh. aniwei, I like hot coffee...yuk ngopi bareng..

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bukan bisa2nya kita aja, mbak! entar dikira kita bikin hukum sendiri, padahal kita punya dasar yg bisa dipertanggung jawabkan. hehehe

      Delete
  13. Berhubung saya punya magg kronis, so saya gak ngopi,,. Aku juga gak mau ambil pusing msalah hukumnya..
    Dan aku juga gak suka ma perokok,, alhamdulillah suami dan semua keluagaku tak ade yg jadi perokok.. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mmmmmph....
      ooooo... pantes.... :D

      Delete
    2. Mmmmmph....
      ooooo... pantes.... :D

      Delete
    3. alhamdulillah_ hehehe

      Delete
  14. Xixixixi... bisa aja loe sob ngebelain gue yang juga hobi ngopi ma ngerokok :D

    ReplyDelete
  15. nah ....MAAF kalo gue gak mo ikutan debat hanya demi rokok and coffee! cuman perlu kawan2 semua tau kalo gue Emang merokok dan doyan minum kopi. bagi yg gak suka jangan protes, bagi yang suka, silahkan mendekat dan merapat hehehheeee...!

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue boleh ikutan ngopi di sono gak sob ??? yuk ya yuk, wew :D

      Delete
    2. wkakakakakaa.... gue biasanya kalo bertamu ketempat temen, pas wktu si kawan (yg punya rumah) berdiri dr tpt duduknya misalnya mo ngambil ato mo mati'in apa sehingga pengen jalan ke arah dapurnya, gue selalu ngomong "eh, Jangan terlalu manis ya" ato "Mo panasin air dulu ya?", ato "eh, jgn repot2 kawan, kopi tumbuk juga boleh"... hihihiii!

      Delete
    3. ikuuuuuttttttt......!!! :-P

      Delete
  16. Masalah hukumnya gimana, ikut ajah ah ama yang ahli hukum.

    Oiya saya ingat, 1/3 utk makan, 1/3 untuk minum, 1/3 untuk udara... mungkin ajah "dukhon" itu utk mengisi 1/3 yang terakhir :D

    Rokok paling enak tuh merek terbaru, Kang. Namanya "rokok SCTV" satu pak untuk semuaaaa... :D

    Tapi segala sesuatu yang berlebihan itu merusak kesehatan loh... terutama ngomong berlebihan... *ups malah akyu sing kakean omongan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending satu pak, satu batang, kang! muter2 ampe abis!

      Delete
  17. PR sudah dikerjain kang, mohon dikoreksi bahahaha...

    ReplyDelete
  18. minggu lalu, materi biologiku tentang kafein di kopi dan hubungannya dengan rokok. Ternyata buruuuuuuk banget manfaatnya...
    Oh ya, PR nya udah aku kerjain tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. buruk bagi sebagian orang, berarti baek juga bagi yang laen! sip, langsung dikoreksi, cha...

      Delete
  19. lapooorrrrrrrrrr... PR udeh gue kerjain bang
    http://unegunegsibelo.blogspot.com/2012/05/dua-belas-bola-dari-bang-eksak.html
    cekidoottt yeee :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, si belo nyeruduk aje! Sip, langsung deh gue ke lapak ente! Hehehe

      Delete
  20. alhamdulillah ane ga merokok sob, ngopi juga jarang jarang....

    tengkyu banget buat ulasannya sob:}

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2, sob! Moga manpaat ea... ;-)

      Delete
  21. ngomong soal sy rokok jd ingat masa lalu, sy 9 thn ngerokok sob...,skrg dah berhenti tntux dgn proses yg berat & gk langsung sh....Alhamdulillah setelah mempelajari dalil2 tntng hukum rokok baik pendapat yg pro atw pun yg kontra sy lbh condong memilih yg berpendapat haram.., cz scr mafhum dan mantuq bs terlihat scr jelas hukum rokok tsebut ditambah lg dgn bbrp ulama termasuk syaikh Al Qarodhowi turut mengharamkan pula...., barakallahu fiik *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah juga yang gue lakuin, sob! Cari reperensi sbanyak2nya, tanya beberapa guru, baca literatur, dll! Elo taulah gue lebih condong kemana? Hehehe, paling gak buat saat ini, gak tau entar... :-)

      Delete
  22. sepertinya akibat rokok itu akan muncul sendiri..bila suatu saat perokok itu memiliki seorang anak yang usia balita dan kemudian menjadi pecandu rokok...dan pada saat itu lah baru sang perokok itu berpikiran..apakah rokok itu haram atau tidak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bisa dari situ, sob! Ketika kita lambat laun nemuin mana lebih banyak, dampak baek apa buruknya? Makanya ane condong ke relativitas hukum ini.... ;-)

      Delete
  23. Assalamu'alaikum, Siiippp Artikel nya Gus. Kalo blh ngasih saran nieh Navbar yg di atas tu dihilangin biar tdk mngganggu pemandangan hehe..... http://googleblogs-tips.blogspot.com/2011/12/cara-menghilangkan-navbar-navigation.html
    Aq Suka bngt Blog nya GUs, Salam Kenal n Salam Silaturrohim.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Afwan, aku perlu banget kitab Irsyadul Ikhwan ini, kira-kira dimana ya bisa dapetinnya? tolong balas.. syukron

      Delete
  24. MUI terlambat ngasih fatwa, fatwanya basi wkwkwkwk

    ReplyDelete
  25. Anonymous17/4/14 20:26

    Coba itung itung deh duit yang kau belanjain buat rokok dalam setahun,, kalo cukup buat naek haji 1 orang,, berarti kau sudah mengharamkan 1 orang untuk naek haji,, atau umroh,,

    ReplyDelete