Wednesday, May 2, 2012

Matemija Award'na!

Assalamu 'alaikum, Cess...! Apa kareba anne alloa? Baji' bajikka? Nakke mamminasa baji' matturu. Lamaki ku nda mapposting? Tania sabab lupa password mingka nda bisa online mi! Kutaeng anne posting kukarannuang lan saleori nakkuku ri ko. Oh ye, nia' nalupa ku inaiki? Nakke eksak, lassu'ri kota Salatiga, tanggala 18 April. Nenne kutinggal ri kota Kendal. Pangngaingku akkarena gambala bembe. Kotau ji! :-D

Ngomong apaan, eks? Hehehe, Cuma ngawur nyusun kalimat dalam Bahasa Makassar aja, kok! Kenapa? Gak bener, ya? Artinya aja gue langsung lupa abis nulis barusan. :-P intinya gue cuma bilang dah lama gak mosting dan ngenalin ulang diri gue ke elo, kali aja elo lupa siapa gue! Huhuhu...

Sore ini pikiran gue ngelayang jauh ke Pulau Sulawesi. Di mana Mangkasara' berasal dan Kaum Okkots bersemayam. Tiba-tiba gue pengen bisa Bahasa Anging Mamiri itu. Tanya kenapa, gak? Gak, ya? Ckckck...

Pertamax. Ternyata lebih dari 60% blog yang gue follow adalah Blogger dari Makassar. Itu artinya "Tau [orang] Makassar" lebih kreatif dari daerah manapun di Indonesia, termasuk daerah gue sendiri. [saluto!]. ;-)

Keduax. Ternyata sodara senenek gue ada yang tinggal di Makassar. Dia netep di sana sejak namanya masih Ujung Pandang. Riolo nikana, mingkani sambeimi arengna. Dan rencananya gue mau maen ke sana. Insya Allah... :-)

Next! Sekalian aja, ya? Gue dah lama dapet award dari Okky Tri R.L., Si Jendralnya [Not] A Cinderella Story. Tugasnya gue kudu ngebeberin 7 fakta unik diri gue. Karna gue baek dan ganteng, so gue bakal kerjain tugas itu. Check it out!

1. Dulu imut, sekarang ganteng. [besok apa?]
2. Masih smoking sejak SMA ampe sekarang. [pengen stop, tapi nanggung masih enak!]
3. Gak mau makan kalo gak ada kuahnya. [termasuk makan ati.]
4. Pernah ubanan dari SMP ampe SMA, sekarang gak lagi. [No Semir No Bleaching]
5. Guitar Player dan pengen jadi gitaris handal meski cuma ngimpi. [woi, bangun, bangun!]
6. Gak suka sayur terong. [berharap suka]
7. Benci Alay. [kalo elo alay, berarti gue benci elo!]


Dan ini penampakan awardnya:



Satu lagi award dari Nurmayanti Zain, Sang Putri dari Kemilau Cahaya Emas. Karna gak nyangka banget gue jadi Top Komentator Kedua di blog Do'i. Let see it!



So, pernah apa belum pernah, suka apa gak suka, gue bakal ngasih award ini ke 7 blogger yang asli dari Makassar. Dan mereka adalah:

1. Nurmayanti Zain
2. Nhinis
3. Accilong
4. Hima Rain
5. Athifah Dahsyamar
6. Mugniar Marakarma
7. NF, elo Okkots juga, kan??

[dah dikonfirm, ternyata suami do'i yg okkots! Berarti ni award buat suami elo ya, N!]

Kok cewek semua, eks! Hehehe, itu berarti blogger cewek lebih kreatif dari blogger cowok walopun sama-sama dari Makassar! Setuju aja, deh! Karna ngeblog itu enak dan se'enak gue pastinya.

Oke, Cess! Itu dulumi yan bisa gue sampeing. Nantipi kalo udah a'je'ne pasti gue sambun lagi. Ko ucaping welcome buat gue, don! :-P

Happy Bloggin 'n Keep On Fire!
Wassalaam... ;-)



59 comments:

  1. Jiahahaha pembukaannya bikin gw muel sumpah *tapi kenapa juga gw baca ampe abis, mendadak migran*

    Ini jadi postingan khusus makasar yoo?? *melimpir ah gw asli bogor..

    BTW selamat awardnya ye.. dan selamat juga buat yang kebagian...

    satu hal lagi 7 keajaiban dunia yang lo sebutin diatas kapan-kapan gw kutip kalau lagi ada yang minta saran #kabuuur...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mending elo cuma migran, Zay! Gue yg nulis aja ampe mag! Bhahaha, 7 fakta versi gue bukan versi on the spot, lho! met menikmati, bray! ;-)

      Delete
    2. menikmati apa yak?? perasaan gw kalau kerumah lo kagak pernah di suguhin apah apah ya, padahal kalau lo kerumah gw apa yang lo pinta tinggal bisa lo ambil tinggal ngedangak (entah itu bahasa apaan )*lariii

      Delete
    3. Ngedangak? Upil cicak tuh jatuh! Bhahaha, yea ntar deh gue suguhin mercon! Hohoho

      Delete
  2. eededee saya bukang okkots mi, suamiku di' yan okkots, :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih dah dikonfirm, N! Brarti ni award buat suami anti, ya... Hehehe

      Delete
    2. bhahaha.. tapi tetep boleh aqyu pajang kaan di blog kyu *jadi pengen bikin postingan ttg okkots*

      Delete
    3. Hehe, pasti boleh dong N! Salam buat suami anti, ya? ;-)

      Delete
  3. Haha 7 fakta unik...
    Kapan2 ikutkan di 7 kejaiban dunia ajah... :D

    Okkots tuh nama suku apa nama apa, Kang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keajaiban tingkat RT gk tau masuk pa gak tuh? Bhahaha,

      Okkots tu salah satu logat di Makassar kali, ya kang! Ngilangin huruf 'G' pada sebuah kata. Misal: Hilang jadi hilan, yang jadi yan dsb
      atau nambahin huruf 'G' pada sebuah kata. Misal: makan jadi makang, bukan jadi bukang dsb.
      Hehehe

      Delete
  4. Replies
    1. Silahkan, sob! *ditemenin, deh... :-D

      Delete
  5. hihihi.....openingnya....bikin pening....gara2 over ketawa... :))

    slmt yaa bwt yg berhasil menyabet award....^___*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok ketawa, cii? Tau ya kalo struktur kata ane amburadul! Bhahaha *ikutan ketawa

      Delete
  6. wah...eksak mau jokka ke makassar. asik euuy
    tp emg bener loh warga makssar itu kreatif dan ide nya keren2, kebetulan teman2 blogger mimi byk dr makassar waktu dulu ngeblog di indosiar.

    mimi doain sgr terwujud ke makassarnya ya om imut yg sekarang ganteng (fitnah diri sendiri ya) gkgkgk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah, Mi! Doain aja, ya... ;-)
      ngeblog di indosiar? Gimana tuh? Gk mitnah siapa2 kok, Mi! Cuma keceplosan aja! Bhahaha

      Delete
  7. Weewww...............

    Selamat sob dah kelar ye PR nya hahahha...
    Ada yang belum kenal gue ama blogger makasarnya, mo ke TKP dulu sob :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, sob! Hehe, buruan gih ke tkp! Takutnya mereka dah pada bobo' :-P

      Delete
  8. Pintar mi eksak, jadi org makassara' moko eksak, apa' enak disini konronya..hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, kang? Kemana aja ko ndak pernah muncul? Enakan tinro drpd konro, kang! Bhahaha

      Delete
  9. hoi, eksak. saya dak okkots! klo ngemeng lurus2ji bah. hahhahah....


    wih, dirimu hebat bahasa makassar, sya saja dak bisa. wkwkkwkwkk.. tp klo ngajak ngemeng pke bahasa toraja, kyaknya sya bisa. hohoo..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah lho gue salah lagi! But it's ok! Yg penting Cilong kan ri makassar juga? Iya, kan?

      Toraja? Entar gue belajar dulu! Bhahaha

      Delete
  10. hihiy, akhirnya muncul juga loe di dunia se enak gue ini, selamat datang sob, dari mane aje lo, ngbur gak bilang2, wah, lagi bagi2 award nih lo, gile bagi2 mulu, hahay, happy blogging deh buat elo :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahay, sob! Iye, ada proyek baru yg berani2nya nyita waktu luang gue, nih! Seneng deh bisa balik ke dunia se'enak gue, ketemu elo dan yg laen juga pastinya! Bhahaha, thank ya dah welcome... ;-)

      Delete
    2. okey, sob, selamat bertugas tapi jangan lupa yeh, apdet jg dong, otreee :d

      Delete
    3. Otreee, sob! Elo emang paling bisa ngasih smangat ke gue! Thanks ya, Mon... ;-)

      Delete
  11. edede, issengi eksak-- napakamma ta.. nabilangi maki okkots kodong e
    heranku ja, gammara mentong tawwa.. ka kukira ali mangkasara eksak nah =P
    pi maki sini ri mangkasara, nyamanna tawwa ^^
    anging mamiri~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenaps heran ta? Hehehe, kodong e ku ngaku2 tau makassar. Padhal ngawur ji! Bhahaha, pengen segera ke ^anging_mamiri^

      Delete
  12. jujur (bahasa makassarnya apa yaa?) tena juga nakke ku issengi apa nukana. haha..
    ngampus duyuu baru dikerjaing tugasnya yaa ban.
    kapang ke makassar ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Issengi jolokki! Apaki kukana anne? Bhahaha, sip kul dulu gih, jangang lupa oleh2na... Hehehe, tena issengi kapangku ri makassar? Huhuhu

      Delete
    2. LAPORRRR !
      udah pulang kuliah, dan tugas sudah selesai bapak guru.
      :D

      eksak tena na issengi apa nakana, nakke lebih2 tena ku issengi. -__-
      iya gak tahu lah kalau gak dikasih tahu, saya bukan peramal, gak bisa nebak isi hati dan pikiran kamu. hhahaa *ini apeuhh*

      Delete
    3. Alamak! Ri tadimi tena issengi apaki nakana? Ckckck... Kalo begitu samami, nyamanna tawwa ja, deh! Bhahaha

      Udah dikrejain tugasnya? murid pinterrr! Sgera bapak cek, oke?! ;-)

      Delete
  13. wih bener g tuh bahasa makassarnya hehe..

    selamat yah dapet banyak award, berarti banyak menghargai:}

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jiaah... Gue juga kagak tau dah bener pa blom! Tanya ama orang makassar langsung aja, ya sob! Hehehe

      Delete
  14. emang bukan dari makassar ya?? trus belajar bahasa makassarnya dari mana? fasih bener.. aku aja yang dah dari lahir tinggal di makassar kagak fasih bahasa sini.. luar biasa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa' sih fasih, Des? Aku belajar dari Hima-Rain, lho! Hehehe, lahir besar kecil ta di Makassar? Ndak bisa logat? Trus apaki bhasa shari-hari? :-D

      Delete
  15. salut lah buat kang winda windi windu,,,
    Bhasa sunda bisa, bhsa jawa bisa, ayeuna bahasa orang mkasar oge bisaan,,, kudu kursus ka si akang yeuh,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eleh eleh, kursus naon teh si akang ieu? ;-)

      Delete
  16. yen bosone wong kesesi ora iso tapi kan? :p

    ReplyDelete
  17. nopo kang? mboten nate teng nggen kulo mriki..???

    http://www.noormafitrianamzain.com/

    ReplyDelete
  18. gue [kadang] al4Y, berarti kita musuhan ya...
    nyahahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wokehh! Kita pacaran! Huh, kamseupay... Bhahaha

      Delete
  19. yg memberi dan menerima selamat ya...., jgn singgung2 okkots dunk ntr ada yg tersinggung hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangang maki' malu kalo elo okkots juga, sob! Karna itu adalah identitas. ;-)

      Delete
  20. Aduh maafkan, diriku baru liat postingan ini ... lama nda OL.
    Terimakasih ya.
    Eh, bahasa Makassarmu lebih bagus lho dariku.

    Kalo saya, cuma numpang lahir dan besar ji di sini. Sehari2nya kami berbahasa Indonesia dialek Makassar. Mungkin juga karena bapakku asal Bugis (bahasanya beda lho dengan bahasa Makassar meski sama2 ji dari SUl Sel) dana mamaku asli Gorontalo (di utara Sulawesi, yg dulu bagian dari Sul Ut, sekarang sdh provinsi sendiri).

    Btw, terimakasih awardna yah .... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh, belajar bahasa Makassar dari siapa? :D
      Eh award yang sy bw pulang yg cloudest chimer kah ?

      Delete
    2. Jadi tau sejarahnya Mugniar! Hehehe, sip! Ambil semuanya ya, bu! Skalian garap tugasnya... :-)

      Delete
    3. Pertanyaanku nda dijawab belah, penasaran ka' .. belajar bahasa Makassarnya dari siapa kah? :P

      Eh, yang Versatile Blogger itu saya pernah posting, sudah pernah ada yang kasih. Setelah itu sebenarnya ada lgi yang ngasih, mungkin saya posting lagi yah :) Trus yang Loudest Chimer itu sepertinya bukan award berantai deh. Tapi tugasnya saya bisa ambil ... 7 hal unik itu ya ...

      Delete
    4. Sory, bu'! Lupa ngejawab, telat pulak? Hehehe, belajar dari Hima Rain dan temen2 di Kaskus!

      Yang chimer tu berantai, kok! Ane dpt karna masuk di top komentar blognya mbak maya! ;-) ditunggu postnya, bu' ! Dah ndak penasaran, kan? :-)

      Delete
  21. bgus nih tulisannya!!! harus belajar nulis dari sobat nih..... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Achh... Ane kan nubie...! ;-)

      Delete
  22. hahahaha...apa ji..

    jago juga nih bahasa makassarnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, biasa ji! Nda jago2 amat kok... :-)

      Delete
  23. Beugh....jagona tawwa bahasa makassarna, sy nda kutauki bhs mksr kodong, karna saya orang palopo, hehe...

    Sepertinya muridnya hima ini sudah bisa dapat A dih :)

    Anyway, makasih bnyk awardnya eks ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah! Palopo ndak masukki ka makassar? Trus bahasana apaki? Hehehe, hima emg keren! Makasih ya nis... :-(

      Delete
  24. arigatou gozaimasu eksak.. baik akan kukerjakan 7 fakta uniknya dan thanks awardna. alhamdulillah kalo sudah fasih, minta ajar tuh sama ninis bahasa palopo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan hima yg ngajarin pertama kali? Thank, ya ma buat semuanya! ;-)

      Delete