Friday, April 6, 2012

Telaah Teologi Dalam Kitab Al-Farqu Baina Al-Firoq

Assalamu 'alaikum, Sobat! Jum'at ini kiranya menjadi istimewa buat sebagian orang. Tanggal merah menurut kalender masehi. Di mana umat Nasrani ngerayain wafatnya Isa Al Masih . Weekend panjang buat pegawai negeri. Hari yang mulia buat umat Islam. Dan hari yang mistis buat sebagian yang laen karna Jum'at ini adalah Jum'at Kliwon.

Di Batang, Jawa Tengah. Ada pondok pesantren yang bernama Nurul Dholam [diambil dari nama sebuah kitab, secara harfiah artinya, "Cahaya Kesesatan"] yang diasuh oleh Kiai Shohibin. Salah satu santrinya bilang kalo Kiai Shohibin gak punya guru nyata. Tapi dibimbing langsung oleh Sunan Kalijaga, Imam Ghazali, Syaikh Athoillah (penulis kitab Al-Hikam), dan Ki Ageng Penatas Angin. Setiap malam Jumat Kliwon, santri disuruh bertobat dengan cara berguling-guling di tengah kebun yang gelap sambil bugil atau cuma pake celana dalam aja. Ini ditujuin biar santri ngerasa hina di hadapan Allah. Ada yang minat?

Kita tau di Indonesia sering dibikin geger ama aliran sejenis yang ngeresahin masyarakat. Bisa dibilang kalo itu adalah aliran sesat. Dan kali ini gue bakal ngeresensi Kitab Al-Farqu Baina Al-Firoq (Perbedaan di antara Aliran-aliran). Sebuah kitab yang nelusurin dan ngejelasin secara ringkas dan padat tentang aliran-aliran teologi dalam Islam. Kitab ini adalah karya Abu Mashur Abd Al-Qahir bin Thahir bin Muhammad bin Abdullah Al-Baghdadi At-Tamimi Al-Isfirayaini [wafat 429 H/1037 M] yang lebih dikenal pake nama Al-Baghdadi. Kitab Al-Baghdadi ini lahir sebagai jawaban atas pertanyaan tentang makna prediksi Nabi bahwa bakalan ada keterpecahan di antara umatnya (iftiraq al- ummah) jadi 73 sekte dan cuma satu yang selamat. Gue gak nulisin haditsnya di sini karna ±15 hadits yang diriwayatin ama 14 imam ahli hadits dari kalangan Sahabat Nabi. Tapi isinya tetep sama: 73 golongan, 1 selamat! Dan pertanyaan mutlaknya adalah siapa 1 yang selamat itu? Kita? Atau bukan?



Al-Baghdadi ngebagi kitab 376 hlm. ini dalam 5 bab:

1. Ngejelasin tentang tranmisi (sanad) hadits pecahnya umat menjadi 73 sekte.
Di mana kayak gue tulis di atas, ada ±15 hadits dan 14 perawi di antaranya: Anas bin Malik, Abu Hurairah, Abu Darda, Jabir, Abu Sa’id al-Khudri, Ubay bin Ka’b, Abdullah bin Amr bin Al-Ash, Abu Umamah, dan Watsilah bin al-Asyfa'. [hlm 16-17]

2. Ngejelasin secara global tentang sebab terjadinya perpecahan umat.
Menurut Al-Baghdadi, perpecahan umat udah terjadi sejak wafatnya Rasulullah. Sebagian ada yang bilang Rasul telah wafat, ada yang bilang Rasul diangkat oleh Allah ke langit. Perselisihan ini pun diselesein oleh Abu Bakar dengan kata-katanya yang terkenal:

"Man kana ya'budu muhammadan fa inna muhammadan qad mata wa man kana ya'budu rabba muhammad fa innahu hayyun la yamut"

(Barang siapa yang nyembah Muhammad maka sesungguhnya ia telah wafat, dan barang siapa yang nyembah Tuhannya Muhammad maka sesungguhnya Dia adalah Dzat Yang Maha Hidup dan gak bakal pernah mati) [hlm. 25]

3. Pandangan sekte sesat dan ngejelasin kekeliruan mereka.
Di antaranya adalah pandangan sekte Rafidhah, Khawarij, Mu'tazilah, Qadariyah, Murji'ah, Najjariyyah, dll. Pada bab ini Al-Baghdadi ngejelasin aliran sempalan dari sekte-sekte tsb secara ringkas dan padat sehingga pembaca gampang buat mengkajinya.

4. Ngejelasin sekte yang berafiliasi pada Islam tapi bukan dari Islam.
Dalam bab ini Al-Baghdadi mengurai lagi perbedaan para teolog Islam (mutakallimin) tentang siapa yang disebut sebagai umat Islam. Salah satu sekte yang dianggep berafiliasi pada Islam tapi sebenarnya bukan Islam adalah Saba'iyyah, yaitu pengikut Abdullah bin Saba yang nganggep sahabat Ali bin Abi Tholib sebagai nabi. Gak puas sampe di sini aja, tapi ia malah makin jauh mengkultuskan sahabat Ali dengan nganggap Ali sebagai Tuhan. [hlm. 335]

5. Ngejelasin tentang sekte yang selamat.
Yaitu tentang pandangan mereka terhadap Sang Pencipta alam semesta dan sifat-sifat dzatiyah-Nya. [hlm. 337]

Kitab ini udah berjasa banget karna udah berhasil dengan baik ngegambarin pergolakan dan pemikiran teologis pada masa itu. Mengenai akidah yang sangat penting dalam kitab ini adalah tentang akidah Sunni saat ditanya, "Di mana Allah?"

"Allah Maujud Bi Laa Makaan/ Allah Itu Ada Dan Tanpa Tempat."

Buat elo yang lagi liburan, met weeked aja deh! Happy Blogging 'n Keep On Fire!

Wassalaam...



50 comments:

  1. semoga kita termasuk ke yang 1 golongan itu.. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... Aamiin... Aamiin... ;-)

      Delete
    2. Amin ya Rabbal Alamin....

      Delete
  2. ada yg bilang, satu golongan itu adalah ahli sunah wal jamaah..
    betul kah??

    mm.. katanya gie sakit, yah?
    cepet sembuh ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah... :-)

      Delete
    2. sing insyaAllah opo ki.. gak jelas ig,
      emang km ngrasa ahli sunah wal jamaah pow?

      Delete
    3. insya Allah kita berada di jalan yang benar!

      Delete
  3. Bagus juga tu buku. Bisa jelasin tentang aliran2 sesat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan cuma yang sesat, mbak! Tp juga yg slamat! Insya Allah... ^_^

      Delete
  4. Semoga termasuk kelompok yang selamat. Kalau bisa tidak ada perpecahan sampai 73 sekte di atas. Amiiin..
    Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga aja ya, sob! But, itu mesti terjadi kok! So, salam kenal juga ya... ;-)

      Delete
  5. wah, kalo gini caranya gw bingung sob, termasuk golongan mana ya, apa gw golput aja kali ya, hahahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wew, kalo ada golput, jd 74 golongan donk? Gue bikin sendiri juga, ah! Golhit? Golkun? Golpink? Golbir? Apa golpek, ya? Bhahaha

      Delete
    2. Kalau sekarang, kira sdh ada berapa sektenya ya? KAlau banyak sekte jadi gak cukup dunk ngitungin pakai kancing baju lagi ya

      Delete
    3. ya udah, gimana kl kita gabung ama al qaedah aja ??? hihihi :p

      btw mau banner ky gmn nih, langsung japri aja deh ke email gw ya, :D

      Delete
    4. Eh, ada mbak Rie! Sayangnya punya baju ane gk ada kancingnya mbak! Bareng2 ngitung kancing mbak aja, ya? Hehehe

      japri apaan, sob! Bannernya merah pake PP gue memanjang ke kanan pke tulisan di header gue! Mudeng gak?

      Alqaeda apaan lagi, tuh? Bhahaha

      Delete
    5. jafri itu email maksudnya sob, okeh ntar gw kirim ya ke email lo, tp yg gmail aja, mana ???

      Delete
  6. gue ikut yg selamat aza dah!.. hhheehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tos dulu, dong! Selera kita sama, bung! :-D

      Delete
    2. ikutan juga ah..... :)

      Delete
  7. Baru tahu saya, Kang. Kitabnya ini toh, soale biasanya baca yang terjemahannya ajah kalo soal aliran2 ini.

    Tapi waktu sy nyasar di FFI dulu, hadits ttg terpecah 73 golongan dan yg 1 selamat itu malah jadi bahan ejekkan kaum kafirun-munafiqun, Kang. Tantangan mereka sih, tolong sebutin dunk yang 73 golongan itu, nurut mereka saat ini sudah melebihi dari 73 sekte, dng demikian hadits ini gugur.

    Di satu sisi, hadits ini membuat masing2 aliran merasa sebagai 1 golongan yang selamat itu.... Aaaaarrghhhh, embuhlah...

    Yah, semoga saja kita tergolong ummat Islam yang kaffah dan haniif. Islam yang Islam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 73 itu global, kang! Walopun konsep akidahnya sama, beda negara bisa aja beda nama. Jadi ya banyak!

      Mungkin munafiqun ngebandingin ama bunyi hadits sbelumnya. Kalo nasrani jadi 71 gol. Yahudi jd 72 gol. Kalo Islam jadi 73 gol, itu kan keliatan lebih parah! Seolah kesatuan umat Islam gak ada. Krn pecahnya lebih banyak.

      Yah, smoga yg kita yakini saat ini, itu gol. yg selamat kang! Pastinya itu yang slalu jadi doa kita. Yupz! Yang kaffah dan hanif. Aamiin...

      Delete
  8. aduh, terbantu bgt akan posting ini...maklum pengetahuan gue akan agama cuma seiprit...jadi golongan mana kah yang benar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Smoga saat ini sampai akhir nanti, kita smua berada di golongan yg benar! ^_^

      Delete
  9. Maksud Ahlu sunnah wal jamaah itu yang benar2 berpegang pada Alquran dan HAdis kan ya.... kalau kelompok Ahlu sunnah wal jamaah sekarang benar2 ahlusunnah yang dimaksud? #muter2

    Kalau pecah2 begini malah gampang diperalat oleh orang2 di luar Islam dong ya... Susag banget kompaknya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muter kmn aja, mbak? Kalo bener gaknya ane gak tau, mbak. Yg pnting kita yakin aja kalo saat ini kita di golongan yg benar! ^_^

      yupz! Kita memang sdang diperalat!

      Delete
  10. Eksaaaaaaaaakk...nak minta tolong niee ^^
    Vote tulisanku di link dibawah ini yeeee :D

    http://marketing.lintas.me/article/imajinasi-hari.blogspot.com/bebas-komunikasi-seharian-dengan-cerdas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di link itu kan ada kotak yg bertuliskan VOTE, tinggal di klik saja kok :)

      Delete
    2. Udah ane vote, mbak! Jgn lupa menang, ya! Eh, smoga menang, mbak! Ewako! ;-)

      Delete
  11. Kunjungan pertama di blog sobat. Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih buat perdananya, sob! Salam kenal juga...

      Delete
  12. kang.. aku nuwun tolong nggeh... hp nokia mu kan bisa buat nulis sms dengan huruf arab.. itu gimana caranya? apa harus diinstal aplikasi nya? atau emang udah dari belinya? tolong dijawab.. kalo gak dijawab, aku tak kerumahmu wae ben jelas.. :p

    ReplyDelete
  13. mgkn beliau yg dikenal dgn nama Al Khathib Al Baghdadi seorg Muhaddits yg jg mengarang buku fenomenal 'Tarikh Baghdad'..., wallahu a'lam..., thx infox sob.... *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda, sob! Kalo pengarang "TARIKH BAGHDAD" lahir di desa Ghaziyah, sedang Al-Baghdadi yg ane bhs itu lahir di desa Isfariyain. Walo sama2 bergelar Al-Baghdadi.

      Wallahu a'lam... ^_^

      Delete
  14. buku yang sangat menarik ya mas... jadi ingin punya dan membacanya..... (kirim donk... wkwkwk)...

    nice posting, info yang sangat2 menarik dan informatif, makasih udah share ya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, ini aja ane boleh pinjem, mbak! Moga manfaat ya...

      Delete
  15. numpang corat-coret aja.. Ane kagak mudeng.. hh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak boleh corat-coret sembarangan, Mie! ;->

      Delete
  16. Saya gak paham dengan sekte2 : Rafidhah, Khawarij, Mu'tazilah, Qadariyah, Murji'ah, Najjariyyah, ... beberapa saja yang pernah saya dengar. Cuma kalo jaman sekarang sebenarnya mereka tetap ada ya tapi dalam berntuk berbeda ...

    Mudah2an kita semua masuk dalam golongan yang selamat ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bun! Mereka akan ada sampe hari kiamat! Dan, semoga kita semua selamat! Aamiin....

      Delete
  17. kunjungan gan .,.
    bagi" motivasi
    keberuntungan selalu menghampri kita
    hanya saja kita yg trkdng tdk brfkir demikian.,.
    si tunggu kunjungan baliknya gan.,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, gan! Smoga kita smua trmasuk golongan org2 yg bruntung! ;-)

      Delete
  18. Ehm.. Mau tanya. Kuliah dimana yaaaa? #eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kendal Extrem Spiritual School... Hehehe

      Delete
  19. rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam tdk menyebutkan nama golongan yg selamat trsebut, tp Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam hny menyebutkan Karateristik mereka.., kata Rasulullah مَا أَنَا عَلَيْهِ وَأَصْحَابِيْ yg artix 'Apa yang aku dan para Shahabatku berada di atasnya', wallahu a'lam :), terima kasih infox sob...barakallahu fiikum...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yapz, betul sob! Mkanya ane gk nulisin di atas, walopun penulis kitab nyebutin satu nama golongan yg slamat itu! ^_^

      Delete
  20. nice :)
    saya senang mengikuti postingan anda
    postingan yang menarik .

    salam kenal yya dan sempatkan mampir ke
    website kami.

    ReplyDelete
  21. i love ur post, keep share^^
    mampir balik ke website kami yaa...
    berbagi pada sesama dengan mengunjungi http://hapeduli.hajarabis.com/

    ReplyDelete