Friday, April 20, 2012

Ilmu Nahwu Dalam Kitab Matan Jurmiyyah



Assalamu 'alaikum, Sobat! Mau cerita dikit, nih! Malam Jum'at. Ketika para santri laen dengan semangat ngelantunin Maulidul Rosul, gue dan beberapa santri senior malah ngasingin diri di teras kampus. Bikin sebuah halaqoh asap rokok, ngadepin Matan Jurmiyyah, utak-utek hape, dan gak lupa kopi panas jadi sobat setia. Kita cuma berusaha jadi case solver buat ngelestariin tradisi kampus, yaitu Bahtsul Masa'il (pembahasan masalah).

Matan Jumiyyah sendiri adalah kitab wajib yang musti dipelajari para santri. Yaitu kitab gramatikal bahasa Arab yang ditulis sebagai dasar keilmuan dalam ngebaca dan mahamin tulisan arab gundul khas kitab kuning.

Ilmu nahwu.
Santri menyebutnya sebagai ibu dari segala macam disiplin ilmu. Wajib hukumnya dipelajari buat orang-orang yang pengen nerjemahin dan nerangin Firman Allah, Hadits Rasul, Maqolat 'Ulama dalam Al-Qur'an maupun kitab klasik. Semua penulisan, pengucapan dan pembacaan ilmu yang berkembang sejak dulu ampe saat ini bakal didasarin oleh ilmu nahwu ini.

Di sini kita bakal mahamin fungsi sebuah kalimat, ngatur perubahan akhir kalimat karna berbedanya huruf yang masuk pada sebuah kalimat. Karna walopun susunan dan jumlah hurufnya sama, bisa aja beda harokat dan artinya.

Jadi meskipun kita dihadepin sebuah kitab kuning yang notabene bertulisan arab gundul, kita gak sembarangan bacanya. Karna ada kaedah yang ngatur tentang itu.

Kaedah pertama dalam kitab yang ditulis oleh As-Syeikh As-Shonhajy ini adalah:

"Al-Kalaamu huwal lafdhul murokkabu al mufiidu
bil wadh'i

Kalam is word a structured (regular), helpful (benefit), using the Arab language."

Jiaah... Blockquote gue kok gak maen, sih?! Well, lupain aja! So, sebuah kalimat harus kalam. Artinya harus terdiri dari huruf hijaiyyah, tersusun dari 2 kata atau lebih, ngasih manfa'at buat yang ngomong ama yang ngedengerin dan bener-bener sengaja diucapin.

Blank! Bingung? Apakah bahasa selain arab gak bisa disebut kalam? Tentu aja bisa! Misal bahasa Indonesia, ditulis pake huruf arab kan bisa? Pernah liat tulisan arab yang ternyata bacanya adalah bahasa Indonesia?

Jangankan itu! Elo nguap, ketawa, nangis, bersin, dsb juga bisa ditransliterasikan dalam tulisan arab, kan? Misal, hwoaaaammm (nguap) terdiri dari huruf ha', wawu, hamzah dan mim. Bhahaha (ngakak) terdiri dari huruf ba' dan ha'. Cuma permasalahanya disengaja atau enggak, itu aja dan musti ngasih manfa'at buat yang denger.

Kitab ini kecil aja. Tipis. Sekuel-sekuel kitab ini pastinya lebih tebel dan lebih bikin pusing. Tapi pembimbing gue bilang, "Kalo elo bisa paham apa isi kitab tipis ini (Jurmiyyah -red), elo bakal bisa baca dan nerjemahin kitab setebal apapun!".

Now, elo bisa dapetin kitab ini di toko buku atau ala digital di internet. Yang format *.jar, *.sis, yang *.pdf juga ada. Silahkan digugling sendiri! Ada yang nanya, "Bisa gak gue belajar nahwu secara otodidak tanpa guru?". Gue jawab, "Pernah ngerti Einstein atau Edward masukin nahwu dalam daftar literaturnya? Walopun mereka bisa ngapalin dan melajarin isi sebuah buku dalam hitungan menit?".

So, Einstein dan Edward aja gak tau! Kalo sebenernya banyak cendikiawan muslim yang sejenius mereka. Dan para ilmuwan muslim aja butuh ratusan guru ampe keliling dunia buat melajarin ilmu nahwu.

Hmmm... Mungkin segitu dulu, sob yang bisa gue resensi dalam edisi KitabKuning Jum'at ini. Semoga hari elo bisa jadi hari yang barokah! Aamiin...

Happy Blogging 'n Keep On Fire!
Wassalaam...



25 comments:

  1. nice post nanti belajar ikrob sob...salam hangat ... semangatt pengkaji ilmu kelasik yang unik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. waw, ada sobat sehatii, nih.... enjoy, kang! hehehe

      Delete
  2. salm kenal sob aku suka liat postingan , memang kita jurmiyah itu kecil bendanya tapi besar manfaatnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener, sob!! gede kasiatnya,,,Bhahahah

      Delete
  3. Gue bener2 gk ngerti ilmu nahwu sob. Ntar deh mau ane googling dulu.

    Btw thanks pencerahannya sob, sangat bermanfaat bagi ane.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga manfaat buat swemuanya, sob! silahkan digugling dan terima kasih... hohohoh #keren bgt bhs gue

      Delete
  4. Ya ampun, kalo baca arab gundul, aku bener-bener nggak bisa? Nih, kamu udah pelajarin Jurmiyyah belum? Bisa dong baca arab gundul hehehe

    Ya ampun (lagi), aku merasa malu baca tulisanmu ini, karena aku belum pernah bener-bener mempelajari ilmu nahwu itu. Hiks :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ampun (ngikut) ane juga malu., mbak! karna bisanya cuma itu.. huhhuhu

      Delete
  5. Hihihi apa sih itu mas ilmu nahwu :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. ilmu grammar bahasa arab, na... :)

      Delete
  6. wah pak kyai sedang menberi pengetahuan tentang nahwu, selamat siang pak kiyai.
    heheh, stau saya ini ilmu alat, gampang gampang susah mempelajarinya. dulu pernah belajar ya lupa lagi. salam ya buat einsteinnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. astopiloh, ane bukan kiai sob! jangan macam-macam ya, ente! bhahahah
      yup! emang ilmu alat buat melajarin bahasa arab...

      Delete
  7. terakhir belajar huruf gundul itu waktu SD jaman-jamannya masih madrasah di mushala, sekarang kalau disuruh baca (tapi huruf gundul yang bhs indonesia) kayanya masih bisa deh walau terbata-bata gitu *ngumpet malu

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, lo! ketemu! ngumpet aja, sih! hehehe, masih mending terbata-bata, mbak daripada terbatako-batako ('coz kepanjangan) bhahahah

      Delete
  8. kawet nahwul wadhil, jurmiyah, imriti, opo kui gak mudeng,. cuma ngertine sekecapan thok...

    sukron...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nahwu wadhih maksude,.. iki nganggo leptope uul angel..

      Delete
    2. Nahwu wadhih ki piye? Suwon kirimané, yow!

      Delete
  9. tuh kan, ketahuan kalo yg punya blog ini adalah anak pesantren...

    kitab nahwu? ngik,, gak jd googling, karena sudah ada kalimat:
    "Dan para ilmuwan muslim aja butuh ratusan guru ampe keliling dunia buat melajarin ilmu nahwu."

    nah, buat apa saya googling kalo tidak bisa mempelajarinya,,
    (_ _!!)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin illfill duluan ya, En? Hehehe

      Delete
  10. wew, soal nahwu, sorof dan tanda baca, gw nyerah sob, otak mendadak tumpul hihihi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo tumpul diasah dulu, sob! Jd gak nyerah sbelom perang! Nahwu shorof kan ilmu alat. Gimana mo perang kalo kita gk punya alat perang? ;-)

      Delete
  11. salah satu penyesalan saya sekarang ini, dulu saya disuruh ngaji kitab gak pernah nurut, akhirnya sekarang sy gk ngerti. Pernah sekali ngajar anak2 ngaji pas gantiin ustadnya lg ada keperluan,,, wktu itu hari dimana waktunya belajar jurumiyah,, sontak saja saya bingung, apa yang mau diajarin nih ?? Wong sendiri aja belum pernah ngaji jurumiyah ??

    Selanjutnya saya suruh anak2 membaca kitab itu,, merekapun melafalkan isi kitab itu tanpa membaca dan mengartikannya ke bahasa jawa (ditempat sy jika nerjemahin kitab pasti ke bahasa jawa dulu, baru ke bahasa sunda),,

    Mendengar anak2 dengan lancarnya melafalkan isi kitab jurumiyyah dan juga safinah,, waktu itu juga, hati saya menangis,, malu rasanya,,,

    Alhamdulillah sih, kalo bahasa indonesia / sunda ditulis pke arab gundul, sy masih bisa baca,,
    Tapi kalo bahasa arab ditulis pke arab gundul,,, nyerah deh gua,,,,

    Bagi sobat2 yg masih muda,, belajarlah yg benar, jngn sampai nnti tua nyesel ya,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ckckck, ane terharu ngikutin kisah ente kang! Emang penyesalan datengnya belakangan...
      Kita masih bisa belajar, kok! Tetep semangat, kang! ;-)

      Delete