Friday, March 2, 2012

Resensi | Klasik: Esensi Fiqih Madzab Dalam Kitab Fathul Qorib

Assalamu 'alaikum, Sobat! Jum'at libur! Itulah alasannya kenapa hari Jum'at gue libur. (mana alasannya?*tengak-tengok) Mungkin bisa jadi edisi kalo Jum'at, saatnya gue nge-resensi KitabKuning. Dalam Resensi Klasik kemaren gue sempet ngupas tentang Bias Patriarki Dalam Kitab Uqûd Al-Lujjayn. Dimana Kang Amanktanie dalam komennya bilang, "Kitab Tajul Muluk aja, biar bisa ngebayangin!" (gak tau ngebayangin apaan?) Ada juga Jeng Uswah yang bilang, "Ditunggu Qurotul 'Uyun-nya!" :r pada yang enggak-enggak aja! :D

Secara gue kan masih di bawah umur! :p Mungkin entar kalo gue udah baligh, pasti gue bahas sekalian bikin video tutorial-nya. :r

Dan kali ini gue bakal ngresensi dikit tentang Kitab Fathul Qorib. Kebetulan gue baru aja Tugas Akhir ngatamin kitab ini.




Syarkhul 'alaamati Ibnu Qosim Al-Ghozy al musamma bi Fathil Qorib Al-Mujib 'alaa matni At-Taqrib li Abi Syujaa'.

Syarah yang dibeberkan Ibnu Qosim Al-Ghozy dari Matan Taqrib oleh Abi Syujaa' ini berisi amalan-amalan syar'iyyah, baik itu berupa ibadah mahdhoh (Gue, Elo dan Allah) maupun ibadah mu'amalah (masalah dunia).

Dimulai dari bab bersuci, sholat, zakat, puasa dan haji. Gimana detail air yang dipake buat wudhu. Tentang shalat, rukun, syarat, macam, wajib dan sunahnya. Tentang zakat, puasa dan haji bakal diulas ringkas dalam kitab ini.

Trus lanjut ke amalan mu'amalah/ghairu mahdhoh. Ada hukum jual beli, serikat, sewa, gadai dan sejenisnya. Ada hukum tentang warisan, hukuman, denda, jihad, dan sumpah. Kayak gimana seharusnya pemerintah ngehukum koruptor dan para pembunuh di negeri ini. Ada juga hukum tentang budak.

Banyak kalangan di luar kampus nganggep, bahwa pembelajaran kitab kuning ini udah gak relevan ama zaman. Mereka cuma ngeliat dari masa pas kitab ini dikarang. Dimana banyak hukum yang nyinggung tentang perbudakan. Sedangkan jaman sekarang, masih adakah perbudakan itu? Apapun bentuknya? #mikir

Gue pikir anggepan orang luar itu gak semuanya bener. Pikiran gue cuma gimana esensi isi kitab ini dikontekstualisasiin dalam kehidupan kita sehari-hari. Lepas dari beda pendapat di dalam tubuh para ulama. Toh! Pas mereka bikin fakta, kita cuek aja! (gue)

Sebagai contoh kontekstualisasi kitab ini adalah pas jaman Bung Karno pusing mikirin pembebasan Irian Barat. Segala macem perundingan udah ditempuh tapi gatot always. Saat itu datanglah KH. Wahab Abdullah dan ngasih solusi. "Rebut secara paksa!", kata Beliau. Bung Karno pun nanya, "Apa dasarnya solusi Anda ini, Kiai?" "Di dalam Kitab Fathul Qorib, itu namanya Ghosob. Dan kita wajib merebutnya!", jawab Kiai.

So, gimana dengan kita? Kita beribadah tiap hari, apa kita gak punya dasar? Trus darimana kita tahu bener atau salahkah tata cara ibadah yang kita lakuin?

Telaah esensi kitab ternyata gak mempan juga. Nah loh! Kebanyakan santri cuma ngaji, apalan, trus khatam. Tapi kalangan santri juga yang banyak nyimpang dan ngelanggar hukum. Misal: santai aja sholat di akhir waktu, puasa bolong-bolong, dsb. (bukan gue) Padahal mereka lebih tau hukum dan ngerti konsekuensinya. Mereka juga paham kalo orang ngerti yang ngelanggar lebih berat dosanya daripada orang yang gak ngerti.

Gue rasa inilah arogansi kepinteran seseorang. Pas dinasehatin juga, mereka dengan lihai ngasih dalil bantahannya. Akhirnya terjadilah adu pinter. Pinter ngeles! (ni sebenernya santri apa politisi, sih?) :p

Esensi Fiqih Madzab

Ilmu yang mempelajari tentang ibadah dalam Islam disebut Ilmu Fiqih. Bahasan fiqih dalam kitab ini merujuk pada madzab Imam Syafi'i Kitab ini juga referensi menengah yang ringkas. Karna literatur yang kompleks udah dibahas di kitab-kitab yang lebih gede.

Cuma pesen gue, jangan fanatik ama hal apapun di dunia ini. Kitab, guru, atau madzab sekalipun. Jadiin itu cuma sebagai muqobalah. Jangan dijadiin satu-satunya pegangan. Berpeganglah cuma kepada Allah dan Rasul-Nya! ;)

Hmmm... Udah dulu, deh! Itu dulu yang bisa gue bagi. Sekarang ngaji kitab gak perlu ke pesantren. Di internet dah banyak kok! Yang berupa e-book, aplikasi, software, web, dll. Tapi inget:


Al ilmu bi la syaikhin, fasyaikhuhu syaithonun". (ilmu gak pake guru, maka gurunya adalah setan!)


Happy Blogging 'n Keep On Fire!
Wassalaam... :)

58 comments:

  1. busyyett, elo mau bikin video tutorial Qurotul 'Uyun, gas wat ini :p

    tapi, setuju sob, ngaji itu bisa dimana aja, btw ikutan belajar boleh dong :D

    ReplyDelete
  2. benar2 sy g paham kitab,, cuma yang sy dengar itu ilmu fiqih.. sekolah di mana kang ko pengetahuannya tinggi sekali atau sy aja yg bego' karena g sekolah

    ReplyDelete
  3. Pengetahuan kang Eksak, saya belum tersimak secara jelas. . . . . Pok0qnya selama ajarannya gak sesat dan menyesatkan aja. . . Hehe. . . Lanjut. . . .

    ReplyDelete
  4. Baru ajah tadi malam, saya di tanya bahkan di debat oleh teman saya, dia bilang.. "buat apa kuliah kalo tdk bisa ngaji kitab2 kuning"..
    #mikir kan??
    Saya pernah ngaji kitab kuning, kok!
    Tapi memang bukan masternya..
    Terus singkat cerita, dia bilang ttg ormas, jarene wong NU sing bakal masuk surga, krn NU wonge pinter ngaji kitab dan mendahulukan urusan akhirat, beda dengan ormas2 yg lain..
    Loh? Kok bisa gituu??
    Mohon pencerahannya yaa pak ustadz Eksak yang mulia,., kenapa istilah wong NU lah yang bakal masuk surga dengan pinter ngajinya??
    Apakah ilmu yang dicari hanya ilmu akhirat?? Ilmu dunianya tidak?

    ReplyDelete
  5. wah g sia sia ane nyasar terus dimari,,ane salutin dech wat kang eksak atas pencerahan segala hal dunia wal akhirot..satu X Lagi ane bilang

    Top markotop :D

    ReplyDelete
  6. @Stupid monkey bhahaha, bakalan digugat gk ya bikin video kayak gituan? Kan buat dokumentasi pribadi?

    Gue kira elo jg dah canggih dg bewe aja! Hehehe

    ReplyDelete
  7. @Agusductank gk ada org yg bego, kang! Kalo kita mw blajar, pasti kita pinter! Kecuali ane! Bhahaha

    ReplyDelete
  8. @®obinhut smoga aja bs ditrima dan gk sesat! Hehehe

    ReplyDelete
  9. @cah_kesesi_ayutea musti seimbang antara dunia dan akhiratnya! Gk ada yg ngejamin kita masuk surga atau neraka, kok! So, do the best! ;)

    nb: jgn panggil gue ustad!

    ReplyDelete
  10. @Kang Cuys makasih, kang dah nyasar di marih! Biar nyasar tp gk sesat! Hehe

    ReplyDelete
  11. bukan di gugat lagi tapi di hukm masa sob, gak tau deh kalo film nya cuma beredar di belanda sama prancis, jualan di sono aja deh, hehe :D

    ReplyDelete
  12. @Stupid monkey siapa yg mau bikin pilem? Ane kan cuma mau bikin vitor. Tp ajib deh kalo ke belanda atau perancis! Ke gunung alpen dan sierra madre! Bhahaha

    ReplyDelete
  13. wah mantap mas ini, ilmu top banget.
    saya gak berani macem2 lagi deh mas sama sampeyan.
    bisa kuwalat.

    ReplyDelete
  14. jd hrs berguru ya sob dlm menimba ilmu itu?
    kyknya dlm hal ini aku agak gak setuju deh...
    apalagi dikatakan bahwa gurunya adalah setan.

    ReplyDelete
  15. Apaan sih kitab kuning itu gak paham.
    Tau gak sih mas ekkakus, eh eksakus, aku googling quratul uyun lho, saking penasarannya.
    Iya dong coba diresensiin~

    ReplyDelete
  16. @21inchs hehehe, gk papa macem2 ma ane, mas! Scr ane kan masih dibawah umur mas! Bhahaha

    ReplyDelete
  17. @Penghuni 60 ane juga kurang setuju kok! Media belajar kan apa aja. Yg pnting kita tau pilah-pilih, gk nyasar dan tersesat. Mungkin itu yg disebut setan, pas kita nyasar dan gk ada yg nglurusin! Hehehe

    ReplyDelete
  18. Permisi, cuman mau share aja nih. ada info lomba bikin artikel. Hadiahnya lumayan ada 2 buah printer laser jet dan voucher. Caranya tinggal like fanpage >> http://www.facebook.com/anugrahpratamacom. Dan ikuti Contest menulis artikelnya.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  19. @Una nah! Itu kan dah gugling! Hehehe, pasti dah ngerti dong?

    ReplyDelete
  20. @cah_kesesi_ayutea dan @chartini

    ya, oke! Makasih buat infonya! Hehehe

    ReplyDelete
  21. prikitiw... Mau dong dirivew juga kitab tuhfatul muhtaj atau nihayatul muhtaj :p


    Ckikiki,, mantap abis tentang resensi kitab nya,saya mah gak bisa kayak gini ..

    ReplyDelete
  22. Rahmatan lilalamin, bener2 seluruh aspek kehdpn diselaraskan,,

    mdh2n kta mnjdi pribadi muslim seutuhnya..amin
    #mdah2n komenku nyambung

    ReplyDelete
  23. wah betul banget sob, kajilah berbagi kitab, jangan yang kuning aja, yang putihpun harus dibaca juga, biar jangan kaya katak dalam tempurung:}

    ReplyDelete
  24. wah sampe sekarangpun kayaknya belom pernah liat apalagi megang yang namanya kitab kuning .. . . hebat abang ni. .

    ReplyDelete
  25. sumpah bang.. saya pengen ngerti isi soptingan ini tapi kok susah ya ? (^_^")?

    ReplyDelete
  26. Tapi ane gak suka elo gue sih sob! Bhahhaa..

    Kalo orang itu tetep ngotot yang ngaji kitab kuning itu bakalan masuk surga, trus cara ngomong ke dia gmn akh?

    ReplyDelete
  27. @amanktani wah itu mah satu syarah, kang! Sama2 pensyarah al minhaj! Hehehe, insya Allah nanti ya, kang.... ;)

    ReplyDelete
  28. @Ilham Agung nyambung bgt, kang! Aamiin...3x, moga doa kita semua terkabul! ;)

    ReplyDelete
  29. @Muro'i El-Barezy iseng bgt org yg masukin katak ke dalem tempurung! Itu kan aniaya? Bhahaha

    ReplyDelete
  30. @Susu Segar kitab warnanya kuning, bang! Bhahaha, moga2 cpt kesampean! ;)

    ReplyDelete
  31. @oomguru kok susah sih, oom? ^_^ brarti ane gk brasil nulis, dong!

    ReplyDelete
  32. @cah_kesesi_ayutea gk usah diomongin! Mungkin dia lebih tau drpd kita?

    ReplyDelete
  33. Permisi ikutan nimbrung, sambil baca2 artikelnya.
    sklian jd follower no. 59 nich.
    kalo ad wkt mampir di blog saya sob!
    LKK

    ReplyDelete
  34. iya sob, kite kesono nyok ... :D

    ReplyDelete
  35. @Bung Penho makasih dah ikut nimbrung, bung! Okeh, tunggu ane ya... ;)

    ReplyDelete
  36. @Stupid monkey naik apaan kesono, sob? Naik becak lawu ya? Bhahaha

    ReplyDelete
  37. boleh naek becak sob, mantab malahan, keren apalagi kl ente yg gowes, hahaha :D

    ReplyDelete
  38. Iya thu kang, di intrnet udh lmayan lgkap.
    Ane jg kdang2 gt

    ReplyDelete
  39. kirimin yak sini kitabnya hehehehehehehee

    ReplyDelete
  40. let me be silent reader wkwkwkwkwkwwkwkwk

    ReplyDelete
  41. Wuaah, keren Kang. lagi TA Kang, sukses ya...
    Kalo sy masih mentok di Syafinatun Najah.

    Wewww, cah Pegandon iso boso gueh gueh elo elo barang ik. Masak masih di bawah umur? ditunggu loh tutorialnya qurrotul 'uyun ituh... Haha :D

    Makasih, Kang... sangat bermanfa'at.

    ReplyDelete
  42. bener-bener bingung orang awam nie...

    eh nanya donk, kitab kuning apanya koran kuning ya?? :)

    #lari, takut ditimpuk bata.

    ReplyDelete
  43. Klo kitab kuning ada tuh di acara "Kajian Kitab Kuning Sahih Bukhari" di TVRI setiap Minggu jam 05.00 WIB

    Bagus dan berbobot pembahasannya :)

    ReplyDelete
  44. @Stupid monkey kring kring gowes gowes, ya? Judul lagu anak anak tuh! Bhahaha
    bapak inget?

    ReplyDelete
  45. @ARIF HIDAYAT™ yupz! Ente bener, kang! Hehehe

    ReplyDelete
  46. @Susu Segar gak tau alamatmu, bang! Bhahaha #ngeles

    ReplyDelete
  47. @Kaito kidd oke! Sure, dab! Bhahahahaha

    ReplyDelete
  48. @Samaranji wah! Si akang merendah! Masa dipentokin?
    Ngerti pegandon yo, kang? Hehehe

    ReplyDelete
  49. @enha hah? Oh itu satu berkas ama surat kuning dan surat lamaran kerja! Bhahaha

    ReplyDelete
  50. @Nhinis wah! Ane jarang nengok tvri, mbak! Makasih referensinya ya... :)

    ReplyDelete
  51. Request! Next post isinya salah satu kutipan dari buku itu ya..

    Saya setuju sama kalimat
    "Cuma pesen gue, jangan fanatik ama hal apapun di dunia ini. Kitab, guru, atau madzab sekalipun. Jadiin itu cuma sebagai muqobalah. Jangan dijadiin satu-satunya pegangan. Berpeganglah cuma kepada Allah dan Rasul-Nya!"
    Rosulullah sendiri melarang ummatnya untuk fanatik.

    ReplyDelete
  52. @Millati Indah bener, mbak! Setuju mah... Hehehe

    ReplyDelete