Friday, March 30, 2012

Resensi | Klasik: Konsep Dan Metode Politik Dalam Kitab At-Takattul Hazby



Assalamu 'alaikum, Sobat! Friday is free day for me! Di mana gue punya waktu ngobrak-abrik gudang kitab gue, trus nela'ah ulang sebuah kitab yang bakal gue ulas di sini. Gak di dunya gak di dumay, pada ribut dengan keyword: BBM, demo, pemerintah, dsb. Gue rasa itu gak lepas daripada fikrah (konsep) dan thoriqoh (metode) siyasah (politik) ulil 'amr (pemerintah) yang fasiq (amburadul). Nah, lo! Bingung, kan? Gue juga bingung! :p

Sama bingungnya gue dalam ngrangkum ulang isi kitab ini. Kitab At-Takattul Hizby karya Taqiyuddin An-Nabhani ini, bisa gue bilang adalah kitab tentang politik. Kayak elo gue tau, kalo politik tuh udah ada sejak sebelum masehi. Di mana ada pemerintahan, di situ pasti ada politik.

Gak mau ditanya lebih rinci apa itu politik, mending gue langsung mulai resensi aja, ya? ;) AFAIK, kitab ini tergolong kecil, cuma ada 75 halaman tanpa bab. Tapi intinya, ada 3 intisari yang disampein:


  • Faktor-faktor
    yang nyebabin gagalnya berbagai gerakan, dari sisi pembentukan
    keorganisasiannya. (hal.
    1-39)
  • Tata cara pembentukan partai politik yang sahih dan ideal. (hal. 40-60)
  • Tahap kegiatan partai politik. (hal. 61-75).

Kenapa kok point of view-nya partai politik? Jelas! Karna pemerintahan tuh isinya parpol dan orang-orangnya. Pas pertama kali partai dibikin tapi cuma tertumpu pada fikroh yang masih umum, gak tau gimana thariqah buat nerapin fikrohnya, gak dipegang ama orang-orang yang mateng kesadarannya, dan, dan gak punya ikatan yang bener buat ngiket anggota-anggotanya trus mereka menang pemilu dan ada di pemerintahan! Apa yang bakal terjadi? Gimana nasib negara yang dipimpinnya? *jawab!

Poin Penting Tentang Demokrasi
Demokrasi yang dalam kitab ini disebut "istilam al-hukm" maksudnya bukan demo masak atau demo anarkis kayak yang terjadi saat ini. Elo juga tau kalo demokrasi itu dari rakyat dan untuk rakyat. Kayak para sahabat (rakyat) nyerahin kekhalifahan kepada Rasulullah SAW (pemimpin). Jadi bener-bener kepemimpinan itu diserahin oleh rakyat.

Kata sahabat Umar bin Khattab:

Jangan nyerahin kepemimpinan kepada orang yang memintanya!"

Apalagi pake acara kampanye, bagi-bagi duit, obral janji dsb. Atau sabda Rasulullah SAW:

Kalo suatu masalah udah dipegang ama yang bukan ahlinya, tunggu aja kehancurannya!"

Ngaku ngerti pasar dunia, tapi buta kondisi rakyat. Trus seenaknya aja naikin harga. Buat apa? Biar bisa naik gaji? Biar bisa beli kursi baru? Enak di atas gak enak di bawah, dong!

Athoillahu wa athiur Rosul wa ulil 'amri...
Taatlah pada Allah, taatlah pada Rosul dan para pemimpin. Ketika kata terakhir itu harus diilangin, apakah Allah dan Rosul-Nya bakalan marah? Sumpah! Gue gak tau jawabanya! Gimana menurut elo? Ada yang ngasih jawaban?

Moga mangfa'at! Happy Blogging 'n Keep On Fire!
Wassalaam... ;)



55 comments:

  1. Demokrasi yang benar memang seperti itu. Sayangnya dulu para Presiden yang notabene "katanya" dari golongan Kyai, malah gak ngerti. :D #ngomongapague

    ReplyDelete
  2. @Ayu Welirang bhahaha, iya mbak! Mungkin emang ngerti tapi gak mau ngerti. ;-)

    ReplyDelete
  3. Kan ada hadits yan memerintahkan untuk taat pada ulil amri meskipun ulil amri menzholimi kita. *lupa redaksinya*

    ReplyDelete
  4. sory bro, agak melenceng dan gak nyambung dari tema post nih, mau nanya sob, elo bisa akses ke blog gw ya ??? padahal dari semalem gw gak bisa liat post gw sendiri, ini aja ngepost cuma test, gw di YM ... thanks

    ReplyDelete
  5. yang tentang ulil amri saya pernah baca, kalo ketaatan kita pada manusia sifatnya terbatas. kita taat ketika yg harus kita taati itu emg bener menurut Allah.beda kalo taat sama Allah dan Rasul yang sifatnya mutlak.

    mau nanya deh bang eksak, kalo demo itu lahir dari sistem demokrasi bukan sih?

    ReplyDelete
  6. wah aku suka postingan ini , salm ya sob,... bagi trus ilmu dari kitab nya,,izin follow

    ReplyDelete
  7. @Millati Indah masa' sih, mbak? Tp taat kpd manusia tuh gk mutlak, sama juga taat pada ortu tuh ada batesnya!

    ReplyDelete
  8. @Stupid monkey sori, sob! Gue abis dari demo di mesjid, gmn dah bisa masuk? Sori juga ane gk bs ke YM! ;-)

    ReplyDelete
  9. @Aisyah Al Farisi bener bgt, ai! Emg kayak gitu. Soal demo itu kan fungsinya untuk menyampaikan sesuatu. Tentu aja itu bgian dari demokrasi kalo rakyat udah gk didenger ama pimpinan.

    ReplyDelete
  10. @blog kecil silahkan, sob! Moga manfaat, ya... ;-)

    ReplyDelete
  11. wah kitab baru ni dalam kamus saya. ane cek dulu ah..
    penutupnya itu loh, iya, bikin dilema, apalagi taat pada pemimpin yang dolim seperti di indonesia. mending ga usah kali ya.

    ReplyDelete
  12. @cerita anak kost silahkan dicek, sob! He'eh, emang dilema! Bener, gak usah aja! Hehehe

    ReplyDelete
  13. hmmm.., thx infox sob.., sebagian teman2 memplesetkan kata 'siyasah' menjadi 'sia-sia' hehhe...telah ada sbgian org sebelum dpt kursi bnyk2 baca ayat kursi tp setelah dpt kursi dia dia ayatnya hhehee..

    thx resensi sob... *smile

    ReplyDelete
  14. hmmm.., thx infox sob.., sebagian teman2 memplesetkan kata 'siyasah' menjadi 'sia-sia' hehhe...telah ada sbgian org sebelum dpt kursi bnyk2 baca ayat kursi tp setelah dpt kursi dia lupa ayatnya hhehee..

    ReplyDelete
  15. ehmb ehmb.. mau komen apa yah??

    ReplyDelete
  16. nyimak kang kanu kieu mah..aby mah poek,,pami nempo kadieu asa kacaangan..lanjut kang

    ReplyDelete
  17. @eksak emmm bukan itunya. maksud saya, apakah demo/ menyampaikan aspirasi awal lahirnya dari demokrasi?

    saya baca kitab ini baru bbrpa lembar, bahasannya lumayan berat.

    ReplyDelete
  18. @Rohis Facebook masama, sob! Moga manfaat, ea... Emang kalo dah dpt kursi, ayatnya jadi sia-sia! Hehehe

    ReplyDelete
  19. @haris widodo komen apa aja, sob! Yg penting komen! Hhbembembhh

    ReplyDelete
  20. @Kang Cuys sok, mangga kang! Ah, ieu mah biasa atuh kang! Hehehe

    ReplyDelete
  21. @Aisyah Al Farisi afwan, ane kurang tau! Tapi bisa jadi iya, dimana dulu pemerintahan adalah kerajaan. Dan dipimpin turun temurun oleh anggota kluarga. Trus rakyat gak setuju, dan terjadilah demo. Sehingga dicetuskanlah demokrasi. *analisa ane aja.

    Btw, kitab ini emg kompleks tp gk bkal paham kalo gk buka literatur laen. Bahasanya rumit. ;-)

    ReplyDelete
  22. Jangan nyerahin kepemimpinan kepada orang yang memintanya! Kata sahabat Umar Bin Khattab

    Kalo pemilu itu gimana hayo. Memang kan diserahin sama rakyat, tapi sisi lain para calonnya itu MINTA untuk dipilih. Cont : Coblos nomor 2 atau 3 atau 5 atau 100... itu kan meminta juga dan... mengandung nada menyuruh.

    Atau gimana sih, kok aku jadi bingungg gini, hiks2... kebanyakan baca novel cinta niiiih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane juga bingung, mbak! Ngapaen org kampanye bagi2 duit? Tp duitnya terima aja, mbak, halal kok! Hehehe

      Delete
  23. onde ,,,kalo udah cerita ayat kuning plus politik ane nyingkir dah, ga ngerti blash, yg jelas beras naik 20rb, minyak sayur naek 4rb hiiiikz

    ReplyDelete
    Replies
    1. O...mande! Jan manangih yo, Mi! Saba...saba! Urang saba dadonyo leba! Bhahaha

      Delete
    2. busyeeeeeet,,,,,,,,,,:P

      Delete
    3. A nyo nan busyet, Mi?

      Delete
  24. mendadnk ingat :
    "politik tidak akan berjalan dengan kebenaran dan keadilan sebagai partnernya."

    itu quotenya spa yah. lupa sya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm... Siapa, yah! Ane gak tau, mbak... ;-(

      Delete
  25. Keren Bro Postingan 2 lu.
    Tapi kalo ngomong soal politik Ga mudeng blas aku. hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah' biasa mah, sob! Ane kan nubi! Hehehe

      Delete
  26. wah keren postingannya , izin follow ya :) maen maen ke blog ane dong :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke! Tunggu ane di tempat ente, ya! ;-)

      Delete
  27. Weh berubah tho tampilane mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. He'eh, Na! Tambah ganteng po gak?

      Delete
  28. ganti dekorasi nih bro, ikut ronda yuk ... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak keren, ya sob! Ronda kemana nih sore-sore? Bhahaha

      Delete
    2. justru malah kerenan ini sob, gw bikinin headernya dah ... mau kaya gimana lo ??

      Delete
    3. Hehe, ntar deh kapan2 gue jabarin, sob! Gue lagi di luar angkasa, nih! Bhahaha

      Delete
  29. kitabnya dijual bebas gak ya?
    Lumayan tuh, cm 75 halaman bisa jd ngerti politik.
    Berguna bgt bagi anak2 yg kesasar d FISIP (fakultas ilmu santet dan ilmu pelet) tp gak ngeh politik.
    Eh tapi, tulisan tuh kitab jgn pake huruf2 Arab ya?
    -__-")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dijual bebas kok, en! Terjemahannya juga ada kayaknya! Untung Bukan Fakultas Ijin Sakit dan Ijin Pacaran! Bhahaha

      Delete
    2. hehehe, Fakultas Ijin Sakit dan Ijin Pacaran, enggak lah bro.
      anak2 FISIP boleh sakit dan boleh pacaran kapan saja, gak perlu ijin. wkkwkkwkk

      Delete
    3. Jadi ketahuan siapa yg tukang sakit ama tukang pacaran! Bhahaha

      Delete
  30. wa ulil amri minkum,, karena redaksinya tanpa athi'u,, jadi perintah ta'at pada pemerintah itu wajib dan TIDAK MUTLAK,,, sebagaimana mutlak kita ta'at pada Allah dan Rasul (selama pemerintah mengeluarkan keputusan atau perintah yang mungkar),, lha wong ketaatan kita pada Allah dan Rosul aja bisa dilobi,, hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Shodaqti, jeng! Yap, bener bgt! Dilobi kayak hotel ajah! Bhahaha

      Delete
  31. baca postingan ini ingat sama beberapa negara yang mendukung orang yang dianggap pantas jadi kepala negara, di negara mereka malah rakyat yang menggalang dana untuk orang tersebut, tidak seperti diindonesia yang mau jadi kepala negara ngasih uang sogokan kerakyatnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan ya di indonesia bisa kayak gitu? Hehe

      Delete
  32. wuis, apaan tuh .. haha
    nice inpo bang .. salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuih! Bukan apa2, kok! Salam kenal juga... ;-)

      Delete
  33. Jangan nyerahin kepemimpinan kepada orang yang memintanya----> padahal semua pemimpin notabene mencalonkan diri (minta jd pemimpin)...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu yang bikin ane bingung, mbak! Kayak mau golput aja! Hehehe

      Delete
  34. ganti baju ya gan.., semoga cepat kelar ya baju barux.., happy blogging.. *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, gan! Makasih buat semangatnya ea... *smileback

      Delete
  35. aduh jadi galau diblog ini, hehe..
    saya takut ah jadi penafsir bebas, mending ditanyain ke ahlinya aja kali yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua orang bisa jadi penafsir kok, mbak! Dan itu sah-sah aja! Yg penting dia punya dasar pemikiran. Hehehe

      Delete