Wednesday, March 28, 2012

Give | Away: Dia Adalah Perempuan Yang Tegar



Berkali-kali gue ngebaca SMS yang sampe ke gue pagi itu. Dari seorang sohib lama yang berada ±90 km dari kota gue saat ini. Lama banget gue ngeliat berita itu kayak gak percaya. So, bakda dhuhur gue langsung cabut ke kota itu. Hiks, gue inget betapa tegarnya perempuan itu, bidadari itu. Gue rasa gue gak bakal lari dari kesedihan ini.

^_^

Gue bersama Dia gak cukup lama. Masa-masa yang begitu indah saat itu. Pas gue libur sekolah, gue sering nemenin Dia ke kebun atau nemenin kambingnya merumput di sawah. Sering gue mergokin Dia bercanda ama orang lewat, ngobrol ama perempuan-perempuan sebayanya atau ikutan nongkrong di poskamling ama gue dan temen-temen seumuran gue. Kalo udah ikutan nimbrung, Dia bakalan cerita apa aja. Mulai dari kisah Ramayana ampe jaman orde baru. Gue dan temen-temen pun suka ngedengerin cerita-ceritanya dan gak segan-segan ngasih tempat duduk kalo Dia dateng. Karena sifatnya yang ramah dan supel itu, gak heran kalo Dia dikenal dari berbagai kalangan umur dan status sosial.

Pada suatu malam, dimana Dia lagi duduk di beranda rumah sambil ngedengerin lagu campursari dari radio National-nya. Gue dateng dengan segudang galau yang bakal gue curhatin ke Dia. Gue bilang, di sekolah gue diputusin ama cewek. Beberapa kalimat yang gue inget dari nasihat Dia.

"Kita ndak pernah tau kapan dan di mana perasaan kayak gitu bakal mampir, Ngger!1 Kalopun cinta kayak gitu belom dirasain, cinta lainnya muncul di mana-mana dan bikin hidup kita begitu indah."

Awalnya gue gak ngerti apa maksud cinta lainnya. Tapi gue gak nanya lebih jauh, sampe Dia nyeritain saat paling pedih dalam hidupnya. Yaitu saat suaminya ninggalin Dia. Gue kira Dia bakal cerita sambil nangis kayak di sinetron-sinetron itu. Tapi ternyata gue salah! Dari kata-kata inilah, gue nyimpulin kalo Dia adalah perempuan yang tegar.

"Akhirnya kita bakal sendirian, Ngger!1 Cuma Kekasih Sejati yang abadi. Sering karna keterbatasan manusia, tresnaning Gusti disalah makno dadi benduning Gusti."2

Banyak cinta yang gue dapet dari Dia. Elo tau siapa Dia, sob? Dia adalah Nenek gue. Dari kelas 1 SD, gue tinggal ama Nenek. Karna Bapak Emak gue terkena arus urbanisasi. Paling 2 bulan sekali pulang buat nengokin gue. Jadi deh Nenek yang ngurusin gue dari kecil sampe gue kelas 2 SMP.

Dan pas bokap gue pulang, bokap niat mindahin sekolah gue ke kota urban. Satu kata terakhir yang gue inget.

"Mbok ya biar disini aja buat batir3 aku. Nanti kalo aku mati, nek arep mbok njupuk!4

Tapi permintaan Nenek gak dikabulin ama Bapak. Alesannya gak mau bikin Nenek lebih repot gara-gara ngurusin gue. Dan perpisahan itu yang bikin gue ngeliat airmata Nenek buat pertama kalinya. Karna sekian lama tinggal ama Nenek, gue gak pernah ngeliat Dia nangis. Yang ada cuma senyum canda tawa dan ketegaran. Sebenernya gue kasian ama Nenek dan gue gak tega ninggalin Dia. Tapi apa boleh buat? Gue tetep harus pindah.

^_^

Sore itu di tempat peristirahatan terakhir Nenek, gue coba nginget-nginget saat-saat bersamanya. Gue nyesel gak ada disamping Nenek, di saat-saat terakhir hidupnya. Gue nyesel gak liat senyum nenek di pembaringan terakhirnya. Dan semoga surga jadi tempat terbaik di mana Nenek mengembangkan senyum-senyumnya. Kenapa gue yakin Nenek tersenyum saat ini? Karna Dia adalah perempuan yang tegar. ;)


"Tulisan ini diikutsertakan dalam Giveaway The Fairy and Me yang diselenggarakan oleh Nurmayanti Zain "


footnote:
1. Ngger, Panggilan untuk anak (Jawa) artinya: Nak.
2. Cintanya Allah disalah artikan jadi murkanya Allah.
3. Batir: teman, kawan.
4. Kalo mau kamu ambil (ajak)



36 comments:

  1. Emang Mas Andi asale seko ngendi sih? Dudu Kendal ta?
    Gudlak yo kontesnya...

    ReplyDelete
  2. owww, nenek mu mirip kamu gak ya sob, hihihi ^^

    ReplyDelete
  3. Simbahku sekarang tinggal satu tapi nggak akrab.

    Btw, 'ngger' itu basa Jawa Timur-an, kan? Temenku yang anak Ngawi sering make kata itu.

    ReplyDelete
  4. @Tebak Ini Siapa aku asale salatiga, Na! Hehehe, tengkyu ya Na... ;-)

    ReplyDelete
  5. @Stupid monkey gaklah, sob! Nenek yg mirip gue! Bhahaha...

    ReplyDelete
  6. @Millati Indah jiah, ama simbahnya kok gak akrab to, mbak?
    Ngawi deket ama tempatku... Hehehe

    ReplyDelete
  7. @eksak Aku liat ktpmu lahir di semarang yah mas... ooo gitchuuu

    ReplyDelete
  8. akhy................... uty sering denger cerita nenek akhy dari windu :(
    emang nenek akhy adalah orang yang sangat tegaarr :)

    Allahummaghfirlahaa warhamhaa wa'aafihaa wa'fuanhaa...


    hehe,, kalo di GA ini,, akhy malah jadi orang yang berharga buat uty lho... pasti gak baca to?? :(
    :D

    ReplyDelete
  9. wew, emang elo turunan siapa sih, kok kebalik kemiripannya sob, wew >>> googlak deh sob :D

    ReplyDelete
  10. gue gak bisa ngomong apa2 nich, soalnya yng lebih akrab dg nenek gue cuman kakek! hehehhe..

    ReplyDelete
  11. yo, ngger... dongakke makde yo..
    koe pie ngger?
    sholatmu ojo lali. yoo..


    hehehe..
    koyone ngunu paling yen nenekmu saiki ngomong mbi koe yo kang...??

    ReplyDelete
  12. @Stupid monkey gue keturunan hamengkubuwono, sob! Bhahaha, mkasih eaaa...

    ReplyDelete
  13. @Bung Penho ya iyalah, bung! Masa' sby? Bhahaha

    ReplyDelete
  14. @eksak Wkwkwk weruh ning ndi yo. Pokoke sing fotone ndembik kuwi tho ahahaha~ Jebul kowe tau ngapusi aku tho, wis tuwo tho jebuleee kowe wkwk

    ReplyDelete
  15. @Tebak Ini Siapa kae katepe photoshop kok! Kon gawekke po pie? Bhahahaha

    ReplyDelete
  16. Aamiin3 ya rabb...

    smg sukses GiveAwayx yaa... *smile

    ReplyDelete
  17. @eksak Jiahahaha ngapusi terus.
    Huhu aku mosok raiso buka blogku dewe mas @_@

    ReplyDelete
  18. Semoga nenekbahagia disisiNya sob.Amin.
    Btw, sukses lah kontesnya sob :)

    ReplyDelete
  19. aih .. kontesnya Maya, blom ikutan aku.
    masih bingung, memilih diantara sekian orang baik dan berjasa di dalam hidupku.
    Termasuk seorang Nenek yang kepergiannya pun tak sempat kami tengok, karena jarak yang begitu jauh :(

    good luck kontesnya yaaa

    ReplyDelete
  20. @Rohis Facebook makasih ya sob! Sukses juga buat ente... *senyum

    ReplyDelete
  21. @Tebak Ini Siapa bhahaha, lha wis prei to Na? Mesakke gak iso dibukak! Huhuhu

    ReplyDelete
  22. @Anak Rantau sukses juga buat ente, sob! Dan makasih buat doanya... ;-)

    ReplyDelete
  23. Pasti nenekmu sedang tersenyum sekarang :)
    Sukses kontesnya :)

    ReplyDelete
  24. @nicamperenique hiks! Cerita kita hampir sama, mbak! Tetep semangat buat GA-nya ya mbak... ;-)

    ReplyDelete
  25. @Wury aamiin... Semoga begitu, mbak! Makasih ya mbak... ;-)

    ReplyDelete
  26. ko nulis dia-nya pake de gede sih? Dia.
    bukannya artinya, jadi ke Allah/Tuhan ya?

    ReplyDelete
  27. @Aisyah Al Farisi bukan, mbak! Dia disini untuk Nenekku! Hehehe

    ReplyDelete
  28. MasyaAllah... nenek ya.. semoga nenek mendapatkan tempat terbaik di sisiNya InsyaAllah..

    ----------
    sudah terdaftar ya eksak :)
    terima kasih atas partisipasinya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, mbak Nur! Makasih, ya... ;-)

      Delete
  29. Bener2 sosok yang tegar ya sob. Tulisannya bergaya seperti novel saja sob.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelah mana yg kayak novel? Ini cuma coretan kecil kok, sob! Btw, makasih buat kunjungannnya... ;-)

      Delete
  30. Hai Sak... aku baru mampir di postinganmu yang ini... honestly, terharu banget.... semoga almarhumah nenek sekarang sedang tersenyum melihat cucu kesayangannya ini yaaa.....

    rest in peace ya nek... :)

    ReplyDelete