Friday, February 24, 2012

Resensi | Klasik: Bias Patriarki Dalam Kitab "Uqûdu Al-Lujjayn"


Assalamu 'alaikum, Sobat! Mulai post ini bakal ada Brand baru di lapak gue, yaitu: KitabKuning. Dimana gue bakal ngerensensi kitab-kitab klasik yang dipelajari di kampus (baca: penjara eh, pesantren) gue. :p Kitab klasik itu kalo bahasa kampus sering disebut Kitab Kuning, mungkin karna warna kertasnya yang kuning-kuning gimanaaaa gitu! :r

Cover, interface dan font Kitab Kuning ini gak kayak panduan skripsi kampus pada umumnya. Cover yang monoton (cuma judulnya aja yang beda-beda), interface warna kuning yang dominan dan font arab gundul (tulisan arab tanpa harokat) yang njlimet bin ruwet. Dan pada launching brand perdana ini, kitab yang bakal gue resensi adalah kitab Uqûd Al-Lujjayn karangan Imam An-Nawawi. :)

Ada gak dari Elo yang udah pengen masuk ke dunia yang lebih mateng dengan segala problematika-nya? Atau elo udah berkeluarga cuma masih belom paham apa yang mesti elo lakuin? Trus apa yang elo arepin dari semua itu? #mikir

Yupz! Jawabannya adalah kebahagiaan! Semua orang pengen bahagia, kan? Yang enggak pengen, minggir! :D Tapi kalo fakta sosialnya bicara laen, pastinya bukan kemauan sendiri. Ya nggak? It's no easy, Sob! Orang mesti susah payah nyari kunci kebahagiaan hidup berumah tangga.

Menurut Imam Al-Ghozali, tujuan utama perkawinan adalah negakin tanggung jawab sosial. Beliau juga nyebutin 6 manfa'at perkawinan: regenerasi keturunan, ngelindungin agama, ngebatasin hawa napsu, pedekate ke kaum hawa, punya someone yang ngurusin rumah tangga dan ngelatih diri bersikap baek.

Atas dasar itulah Islam nganjurin biar suami dan istri berperilaku baek satu sama laen.


Dan mereka (para istri) punya hak yang seimbang dengan kewajiban menurut cara yang ma'ruf..." [QS. Al-Baqarah: 228]

Tapi pada data praktis, banyak ulama tradisional termasuk Iman An-Nawawi (penulis kitab ini) berpandangan Man On Top (MOT). Maksudnya posisi cowok megang peranan sentral dalam setiap aspek kehidupan. Diberikan hak penuh buat ngatur segala bidang, sektor domestik maupun publik.

Bagi Imam An-Nawawi (1813-1898 M), itu wajar karna karna cowok punya tanggung jawab yang lebih besar daripada cewek. Argumen Beliau berdasar pada QS. An-Nisa': 34


ar-rijâlu qawwâmûna ala an-nisâ' (cowok adalah pemimpin buat cewek).

Beliau nafsirin "qawwâmun" dengan "orang-orang yang berkuasa." Dan kekuasaan tsb dimiliki cowok karna kelebihannya dalam banyak segi, kodrati maupun syar'i.

KONSTRUKSI BUDAYA YANG DILEGALIN
Kitab yang jadi seleb di kampus gue ini berisi petunjuk dalam ngebina kehidupan rumah tangga. Tapi bukan rujukan utama juga, sih! Karna banyak ulama yang silang pendapat tentang kandungan kitab ini.

Banyak temen cewek kampus gue nganggep apa yang tersaji di kitab ini lebih bernuansa patriarki, mihak banget ama cowok. Hipotesa An-Nawawi barangkali berangkat dari konstruksi budaya masyarakat jahiliyyah yang turun temurun. Dimana eksistensi cewek dianggep gak ada. Konteks saat Beliau nulis kitab ini mungkin berdasar pada masa jahiliyyah itu.

Menurut gue sendiri, kelebihan cowok dari cewek gak ada hubungannya ama gender. Tapi lebih pada kemampuan yang dimiliki seseorang. Kalo ternyata cewek lebih unggul? So what gitu loh? :)

Kalo kitab ini jadi populer di kalangan artis, eh santri mungkin karna sosok An-Nawawi yang punya peran besar dalam penyebaran ilmu agama Islam di Indonesia.

Ngebaca kitab ini, kita mesti bisa bersikap kritis dan cermat. Di samping bias gender yang keliatan b
anget, banyak juga hadist yang belom jelas tingkat keshahihannya. :(

Semoga resensi gue ini bisa jadi referensi buat elo yang pengen ke sana atau udah di sana! (di mana?) :r So, Happy Blogging 'n Keep On Fire!

Wassalaam... :)



Judul: Uqûdul Al-Lujjayn fî Bayâni Khuquqi Al-Zaujayn
Penulis: Iman An-Nawawi
Penerbit: Al-'Alawiyyah, Semarang
Tebal: 22 hlm.

37 comments:

  1. coba baca buku Uqûdul Al-Lujjayn fî Bayâni Khuquqi Al-Zaujayn.
    nice share ya kang :)

    ReplyDelete
  2. @Widhi | Motivasi sama-sama! makasih juga ya, kang! moga bermanfaat... ;)

    ReplyDelete
  3. mantap kang jeuro pisan... :D

    ReplyDelete
  4. @Kang Cuys hah? jeurooookkk....?! bhahaha
    nuhun, kang!

    ReplyDelete
  5. Wah, informasinya bagus. Kitab kuning=kitab gundul. Boro2 mau baca liatnya aja blum :D

    ReplyDelete
  6. iyah.. semua udah diatur sama yg diatas :)
    yang penting cowok ga boleh semena2 sama cewek.. dan cewe juga gak boleh seenaknya mengatas namakan emansipasi :)

    ReplyDelete
  7. wah ini kitab tentang apa si gan? tentang perkawinan secara umum aja ya gan, klo tentang hubungan dalam perkawinan mantep 'qurotul uyun' gan, klo ga salah. siep tu kitab.

    ReplyDelete
  8. @Faizal Indra kusuma hehehe, kitab kuning= kitab yg warnanya kuning, sob! bukan= kitab gundul! bhahaha

    ReplyDelete
  9. @adeuny bener bgt! ane akur ma pendapat anti! ;)

    ReplyDelete
  10. wkwkwkwkwkwk...enakan baca kitab taajul muluk,,bisa menghayal loh..

    Gkgkgkgk...

    ReplyDelete
  11. Tampilan ponselnya keren sob. Kasi tau?? Share!!

    ReplyDelete
  12. @cerita anak kost wah! itu kitab tutorial, sob! terlalu vulgar kalo dishare disini! bhahaha

    ReplyDelete
  13. @amanktani hehe, kitab itu ane blom khatam kang! ntar deh skalian ane bikin video tutorialnya! bhahahaha

    ReplyDelete
  14. kang eksak,,awas bakal jadi kontroversi nanti..wkwkwkw

    kalo dibikin video,mau dong jadi penonton pertama..bhahahahaha

    ReplyDelete
  15. kayanya mulai sekarang gw udah putuskan untuk belajar ngaji sama elo, sob, ayo transfer semua ilmu lo :D

    ReplyDelete
  16. kunjungan Perdana.... nice Share Sob...

    My Blog
    achers.tk

    ReplyDelete
  17. @kang amanktani kontroversi yg paling dicari! bhahaha
    jgn kuatir kang! ente pokoknya pertamax, deh... ;)

    ReplyDelete
  18. @Stupid monkey hayyaa, blajar apaan? ane bukan pengajar, sob! kita blajar bareng2 aja, ya... hehehe

    ReplyDelete
  19. @Acher makasih buat kunjungannya, sob! jgn cuma perdana, ya... :)

    ReplyDelete
  20. jadi pengen kawin.. eh salah jadi pengen liat seperti apa sih kitab kuning itu,, hehe biar bisa belajar iqro'

    ReplyDelete
  21. Aku sama kamu lebih unggul mana mas?

    ReplyDelete
  22. @Una hmmm... kalo aku lebih unggul gimana? gak papa ya? una ngalah aja! bhahaha

    ReplyDelete
  23. @Agusductank yups! Silahkan kawin, kang! Eh, salah... Silahkan baca kitabnya! Gak kalah ama kitab kamasutra lho, kang! Bhahaha

    ReplyDelete
  24. Terjime wonten mboten akh?? Kersane saged gampil nyernane..
    Kan kalo gundul SILAU akh...!!
    :D

    ReplyDelete
  25. waduh.. hampura telat wae.. qiqiqi, ma'lum tara jalan jalan kang,, aduh santri geningan kang eksak teh..

    ReplyDelete
  26. @cah_kesesi_ayutea terjime mboten wonten! Gundul kan malah menawan to? Nggih nopo nggih? :)

    ReplyDelete
  27. @Elang84 teu naon telat, kang! Masih loba kursina mah! Hehehe
    sanes santri simkuring, mah... Tapi sapri bhahaha

    ReplyDelete
  28. Tapi kan kulo mboten maher maos ingkang mekaten..
    Yen wonten terjime.. Kulo mengken badhe mundhut..
    Regine pinten to?

    ReplyDelete
  29. Assalamu'alaikum,,,
    wuihhh, keren Kang...

    Emang sampe saat ini masih jadi perdebatan seru. TErlalu mihak cowok ya keknya isi kitab ini, setujuh Kang kalo isi kitab ini sangat kental nuansa dominasi tradisi Arab JAhiliyah. Padahal Kanjeng Nabi SAW ndiri sangat2 menghargai peran2 istri2 beliau, sebagai partner hidup, teman share, teman curhat, dan teman belajar menapaki kehidupan untuk menggapai ridho Allah Ta'ala.

    Ditunggu resensi selanjutnya, KAng.
    Thank's. Salam kenal ya KAng.

    ReplyDelete
  30. @Samaranji wa 'alaikum salam, kang!
    ya kurang lebih bgitu isinya, kang! tp gmn pun Nawawi tetep menganjurkan asarohunna bil makruf pd cewek/istri. gk smena-mena memperlakukannya dsb. walaupun garis besar setting berasal dr jahiliyyah! hehehe
    makasih dah mampir, kang... ;)

    ReplyDelete
  31. Mosok mirah sanget??
    Ten pundi niku??

    ReplyDelete
  32. takdir cowok adalah sebagai pemimpin diri sendiri dan orang lain :D

    ReplyDelete
  33. @Kaito Kidd bener bgt, dab! untung ane cowok! gak tau ente? bhahaha

    ReplyDelete
  34. jd keinget bapakku eksak yg kpn hr ksh pengajian ktb uqudullijen,, :( di kitab itu, cewek lbh baek solat di dlm rmh drpd solat di luar rmh (msjd, musola), krn mempertimbangkan byk madorot.. Sampe sgtunya yak islam menghargai dn memperhatikan kaum hawa.. Ayo dong tutorial qurrotul uyunnya :p

    ReplyDelete