Monday, February 6, 2012

Flash | Fiction: Inikah Rasanya Buah Khuldi ?

Bakda Shubuh. Sunyi masih merambati embun yang hampir jatuh dari ujung dedaunan. Suasana pagi-pagi buta yang tak akan pernah sama dengan suasana di siang hari. Begitu juga sebaliknya. Bagi Kancil, ini adalah saat yang pas untuk membalas setiap komentar yang mampir di flash fiction-nya.

"Sial! Lemot banget sih Leptop!!", gerutu Kancil pagi itu.
"Ciill...! Kamu udah sholat shubuh, Nak?", tiba-tiba Ibu Kancil sudah muncul di belakang Kancil.
"Iya, Mak! Bentar lagi!", jawab Kancil seenaknya.
"Apa sih yang kamu kerjain dari tadi? Bukannya bangun tidur terus ambil wudhu, sholat!", Ibu Kancil mulai mengomel.
"Iya iya, Mak! AHH! Emak nih ngomel mulu!", sahut Kancil sambil bangkit dengan wajah kecutnya.

Ibu Kancil cuma geleng-geleng kepala. "Semoga kamu menjadi anak yang baik, Nak!", gumam Ibu Kancil sembari membereskan tempat tidur Kancil yang berantakan.


*o0O0o*


Belantara senja. Distrik Ambrosia, Blok Amarte. Kancil termenung di depan setir Esemka Sport-nya. Hiruk pikuk Pasar Sore RymbaZone tak sedikitpun mengusik lamunannya. Tak akan buyar, kalau saja Si Parkit tak datang mematuk kepalanya. Parkit pun hinggap di dashboard mobil Si Kancil.

"Woii, Bro! Bisa-bisanya elo ngelamun di pasar? Dari tadi pagi, dari pasar belom buka, gue liat elo udah ngetem di sini!", teriak Parkit di sela kegaduhan pasar.
"Gue lagi Galau, Kit!", jawab Kancil singkat.
"Apaan tuh galau???", si Kancil mengepak-ngepakkan sayapnya pertanda bingung.
"Confuse, mumet, ngelu ndhasé, bad feel, pening, pusing, terserah bahasa mana yang elo ngerti!?", jelas Kancil panjang.
"O0o...! Emangnya kenapa elo galau-galau segala?", tanya Parkit nyambi BAB dikit. "EH., sori Bro! Dashboard elo jadi kotor, entar gue bersihin dehh!"
"Hhuuuff$%+#§*¿tt...!", Kancil mendesah. "Kayaknya gue udah makan Buah Khuldi deh, Kit!!"
"Wait, wait, lagi loading! Di distrik, blok mana elo dapet buah khuldi? Gue shoppaholic, Bro! Tapi gak pernah liat tuh di seluruh mall komplek hutan sini!!", celoteh Parkit tambah bingung.
"Tadi siang gue ngedengerin ceramahnya Ustad Monyet yang ngartiin QS. Al-Isra' ayat 23 tentang adab kepada ortu ... "
"Stop...stop! Sori gue cut! Gue tahu tuh ayat bunyinya gimana, tapi apa hubungann ama buah khuldi???", level bingung Parkit udah http error 404 not found.
"Elo tau Someone yang makan buah khuldi, terus Doi dikeluarin oleh Allah dari surga, kan?", kata Kancil campur kesel, kata-katanya di cut mulu.
"Yups! Nabi Adam, kan?", jawab Parkit.
"Ayat yang gue sebut di atas adalah tentang larangan berkata, AHH! kepada ortu. Kalo buah khuldi adalah buah larangan, so gue udah makan buah itu. Karna tadi pagi gue ngebentak Emak gue!", jelas Kancil terisak sambil mengelap ingusnya.

Parkit terdiam. Seluruh warga rimba pun seperti senyap. Menahan airmata yang hampir jatuh tetapi tak jadi jatuh.

"Elo tau apa yang musti lo lakuin, Bro!", kata Parkit sambil berlalu terbang.


*o0O0o*


Kancil memperlambat laju Esemka-nya. Dia bukan anak Raja Hutan yang kaya raya. Dia bukan tikus, binatang dekil yang korup. Dia bukan elang, pejabat angkasa yang bisa piknik kemana-mana. Tapi dia cuma anak kancil, kaum menengah yang sering melihat ke atas. Dia lupa kapan terakhir kali Dia menengok ke bawah.

"Mak! Gue pulang mau minta maaf ke Emak!", Kancil pun segera memacu lajunya.



Cerita di atas hanya sekedar fiksi belaka, ditulis dalam rangka meramaikan Kontes Flashfiction Ambrosia yang diselenggarakan Dunia Pagi dan Lulabi Penghitam Langit.



46 comments:

  1. weeehhh.... banyak yang ngadain kontes nih....

    ReplyDelete
  2. @vie_three ane gk ngadain, kok! cuma ngikut aja... :)

    ReplyDelete
  3. wow, keren ya kancil, btw ust. monyet ?? kenalin duong .. :)

    ReplyDelete
  4. waaah... wa bil walidaini ihasaanaa ya sak... amiiinn...

    laaah ikutan kontes.. tapi seru ceritanya, ikutan juga aaah #ngiiikuuuuutt :p

    eh, ada yang perlu direvisi tuh.. shoppaholic apa shoppingholic hayoo :p

    ReplyDelete
  5. wah bang mon ga trima tuh ada yang nyaingin. Apalagi ustad wkwkwk peace.

    Bro ini kan cerita hewan. Coba donk ceritanya robot.

    ReplyDelete
  6. Walaaah melu juga thooo...
    Kancil apa mas itu? :p

    ReplyDelete
  7. walah pada rebutan kontes yak. . . . . ayo serbu. . .

    ReplyDelete
  8. @Stupid monkey hehehe... bukan selebritis, jadi gk bs jumpa pers! sori ya fans... hahaha...

    ReplyDelete
  9. @jeng Uswah ikutan, dong! tokohnya eksak, ya...
    yg mana yg bener? hayooo... ;)

    ReplyDelete
  10. @kang haris widodo jiah... langsung kepikiran stumon sih? jgn donk...!
    ini fabel modern, buka cerita hewan!
    hahaha...

    ReplyDelete
  11. @jeng Una ane liat pesertanya dikit! jd pluang buat kita menang lebih banyak, jeng! hahaha...
    itu kancil apa? kancil anak nakal suka mencuri timun kalee...

    ReplyDelete
  12. @susu segar bukan rebutan, tapi ikutan! yuk, serbu rame2... :)

    ReplyDelete
  13. wah, sombong, mendingan kaya haris dong, langsung tau kalo ustadnya itu monkey, hehe :D
    ustad gelo sia, hehe :D

    ReplyDelete
  14. Waah.. udah lama ga baca fabel..
    dan pas bacanya saya ngakak2 sendiri bayangin kancil nyetir esemka..

    makasih ya partisipasinya :D

    ReplyDelete
  15. mantap kang tulisanyya saya suka,,, moga aja jd pemenang yo

    ReplyDelete
  16. @Stupid monkey bukan sombong sob, tapi songong! bhahaha...
    nah elo! malah pengen dikira ustad, ya? iya deh, yg abis nyembuhin setan kesurupan! wakakakaka
    ustad gelo! huhuhu

    ReplyDelete
  17. @amel hehehe... ane, monkey dan sgenap warga hutan mengucapkan banyak trima kasih!

    cihuy, ane ditrima! makasih ya mbak... ;)

    ReplyDelete
  18. @kang yusup laskar hehehe... makasih doanya ya, kang!

    ReplyDelete
  19. weleh weleh kontes lagi to kang....?
    Btw dh prnh menang blm kang?

    ReplyDelete
  20. @kang SeMut hehe... blom pernah dimenangin, kang! mumpung lagi musim, ikut aja banyak2. biar kalo menang, skalian numpuk hadiahnya! :r

    ReplyDelete
  21. heheheh habis baca2 tapi gara2 liat diatasku ternyata baru tau klo ini kontes heheheh
    bagus2 ceritanya... moga menang iyahh

    ReplyDelete
  22. @adeuny kok "tapi gara2" sih, mbak? hehehe...
    tapi makasih buat dukungannya... ;)

    ReplyDelete
  23. ikut kontes lg ya sob.., mg sukses yg kontesx :)

    ReplyDelete
  24. wah, saya percaya dan yakin sob, kalo elo adalah pemenangnya, :D

    ReplyDelete
  25. @eksak nah ya itu dia, darisini aku kaan jadi tau kalau banyak yang ngadain kontes. hehehehe

    ReplyDelete
  26. @Lentera Langit aamiin3x...
    lagi2 ya sob! makasih ya buat suportnya... ;)

    ReplyDelete
  27. @Stupid monkey wah! jgn gitu, sob! entar kepala ane jadi gede lho! ane kan cuma latah ikut2an aja...
    btw, teng4u dah! ;)

    ReplyDelete
  28. @vie_three jadi?? ayamku mana?! eh, jd ngikut dong vie? ;)

    ReplyDelete
  29. @ardiansyah pango darwis makasih, makasih sob! makasih dah mampir... ;)

    ReplyDelete
  30. @eksak sy jd maknya.. hehe mklm g perna ikut kontes (minder).. moga menang kang critanya mengandung makna tersiran dan mMbawa kesan bagi pembacnya.. (pesanannya sdh ada di fb kang)

    ReplyDelete
  31. semenjak kerajaan apa ya ada kancil naek esemka ? ('_'")?

    ReplyDelete
  32. @kang Agusductank makasih, makasih, makasih kang! sudah sudi menuhin permintaan ane! hehdhd .. tp gk tau kpn bru buka fb, akun ane lagi diblokir!
    pokoknya makasih ya kang... ;)

    ReplyDelete
  33. @oomguru eh! ada si oom! hehehe... sjak kpn ya, oom? mungkin sejak sir alex jd dukun peletnya muklis kale ya? hahaha

    ReplyDelete
  34. selamat pagi sobat, walaupun gak pertamax :D

    ReplyDelete
  35. wah wah wah ane jadi ketinggalan..kemarin2 nie artikel g mau ngebuka..cuma mau ngucapkan do'a smoga sukses buat kang eksak..mantap kang :ssip

    ReplyDelete
  36. @Stupid monkey gk pertamax gk ngapax, sob! yg penting ucapan selamat pagi elo dah ngasih semangat ke gue! ;)

    ReplyDelete
  37. @Kang Cuys soir, kang! kemaren2 emang lagi banyak repisi, maklum tukang kontes dadakan! hahaha...
    pokoknya makasih buat doanya ya kang! ;)

    ReplyDelete
  38. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  39. dilara masang link hidup.. ini sob http://agusductank.wen9.com/Template/ductankblog.zip jika terjadi eror di konf (orgx baek ko'/g pelit) hehe

    ReplyDelete
  40. @kang Agusductank matursuwon, kang! langsung ke tkp... disave dlu, kang! ;)

    ReplyDelete
  41. wooooaaaaaahhh. . .sukses dab kontesnya. . .

    semangat :D

    ReplyDelete
  42. @Kaito Kidd semangat 3x! arigato, dab! ;)

    ReplyDelete
  43. Kok sayanya malah lebih banyak ngakaknya daripada nangkep pesannya, ya? Hehehe...
    Eniwey, pesannya sebenarnya bagus banget. Sayangnya si Parkit itu iseng-isengnya nyambi BAB di situ, jadinya nggak hikmat lagi deh ceritanya.

    ReplyDelete
  44. mantap critanya. . . . . . . Mantap bnget dah, m0ga menang k0ntes ini. . . .

    ReplyDelete
  45. Keren akh fabelnya..
    Nilai yg terkandung didalamnya juga bagus banget..
    Uty sukaa...
    Teruuusss berkaryaa yaa akh..
    :)

    ReplyDelete