Wednesday, January 25, 2012

Kadang | Islami: Dunia Maya, Maulid dan Award

Assalamu 'alaikum, sobat! Selamat memasuki bulan Rabi'ul Awal atau Maulud 1433 H. Di tempat gue udah tanggal 1 Maulud. Gak tau di tempat elo? (mungkin ada perbedaan waktu :p ) Dari semalem, masjid dan mushola disini bersuka cita banget nyambut dengan bacaan maulid dan barzanji. Tradisi ini berlangsung setiap malem ampe entar tanggal 12, di hari kelahiran Rasulullah.

Balik ke deskripsi blog gue yang bunyinya, kadang islami, kadang konvensional gak pernah bisa konsisten... Dari sini gue pengen sharing ama elo tentang hukum. Bukan hukum buat Aprianti, si penabrak maut. Tapi hukum tentang apa yang biasa kita kerjain dan kita demen. Kadang orang ngeliat kita lagi ngelakuin sesuatu trus bilang, "MANA DALILNYA?" nah, kadang juga kita galau dan bingung buat ngejawabnya. Harapan gue setelah elo baca coretan ini, elo bisa lolos dari kegalauan itu. :)

Asal Usul Hukum
Pernah denger gak kaidah ushul fiqih yang bunyinya,
"Segala macem bentuk ibadah itu haram sebelum dateng perintah Allah buat ngejalaninnya."


Sebaliknya,
"Segala macem aktifitas non ibadah itu boleh/mubah sebelum dateng perintah Allah yang melarangnya."


Kesimpulan gue, amalan yang kita kerjain di dunia itu ada 2:
  • amalan ibadah kayak sholat, puasa, zakat, haji, dll. Pas ada orang yang bikin sholat shubuh kok 3 roka'at atau ngelaksanain haji kok ke bollywood itu yang haram!

Barangsiapa ngelakuin suatu amalan yang gak dari ajaran kami, maka amalan itu ketolak. (HR. Muslim no. 1718)

  • amalan non ibadah kayak punya mobil, hp, BB, laptop, pesbukan, twitteran, ngeblog, dll. Itu mubah sampe ada perintah Allah buat ngelarangnya.

Dialah Allah yang ngejadiin segala yang ada di bumi buat elo semua. (QS. Al Baqarah: 29)

So, elo gak bingung buat ngejelasin pas ada orang bilang, "ini bid'ah, itu gak boleh, dsb!" :D

Hukum Sarana = Hukum Tujuan
Permasalahan zaman sekarang adalah perkara mubah yang gak ada di zaman Rosulullah dan orang seenaknya bilang, "bid'ah atau sesuatu yang diada-adain!" Kita ambil sebuah kaidah, "al wasa-il laha hukmul maqoshid." bahwa hukum wasa-il/sarana/perantara sama dengan hukum maqoshid/tujuannya.

Perkara mubah menurut Syekh 'Abdurrahman bin Nashir As Sa'idi RA. bisa diliat dari dzat-nya dan wasilah pada sesuatu yang diperintah atau yang dilarang. Dari sini bisa ditarik derivat/turunannya sbb:

1. Maa laa yatimmul wajibu illa bihi fa huwa wajib. Perkara wajib yang gak sempurna kalo gak pake sesuatu, maka sesuatu itu hukumnya wajib. Misal, berangkat kuliah yang hukumnya mubah, karna sebagai sarana nuntut ilmu (perkara wajib) maka berangkat kuliah hukumnya jadi wajib. Hmmm... Buat elo-elo yang lagi males-malesan kuliah. Camkan itu! :p

2. Maa laa yatimmul masnun illa bihi fa huwa masnun. Perkara sunah yang gak sempurna tanpa sarana ini, maka sarana ini hukumnya sunah juga. Misal, maulid nabi hukumnya mubah, karna dipake buat sarana nginget nabi, ngagungin nabi, sholawatan (perkara sunah) maka maulid nabi hukumnya jadi sunah. Yuk, diraméin masjid dan musholanya! Jangan cuma ribut tahun barunan aja! :r

3. Maa yatawaqqoful haromu 'alaihi fa huwa haromun. Sesuatu yang bisa bikin kita kecemplung pada yang haram, maka sarananya hukumnya haram. Misal, jual beli hukumnya mubah. Tapi karna kita jual beli mirasantika, maka jual beli itu hukumnya jadi haram. So, mulai sekarang Katakan tidak pada narkoba! :)

4. Wasail makruh makruhatun. Perantara pada hal yang makruh juga dihukumi makruh.

So, coba pelajari derivat diatas! Segala bentuk aktivitas dunia maya yang kita jalani saat ini bisa haram dan sia-sia kalo kita jadiin sebagai sarana ngerjain orang, nggunjing orang, nipu orang dll. Dan bisa juga sunah yang bikin kita dapet pahala. Kalo kita jadiin sebagai ajang dakwah, sharing hal-hal manfaat, ngejalin pertemanan dll.

Kayak salah satu maqolat As Syafi'i:
Kalo elo gak disibukin ama hal-hal yang baik, so pasti elo disibukin ama hal-hal yang sia-sia. Al Jawabul Kafi: 109, Darul Kutub Al-'ilmiyah)

Award
At last, gue mau bilang kalo di awal bulan Maulud ini gue dapet 2 award. Yang pertama dari Allah SWT atas datangnya hari kelahiran Rasulullah Muhammad SAW. Yang kedua dateng dari sobat blogger gue Cinderrella-nya Blogger. yang penampakannya kayak gini:


Makasih banyak wat mbakyu, karna sobat dah pda dpet award ini, gue simpen dulu ya!
Wassalam!amen disini. Ambil dan bawa pulang!

Wassalam

50 comments:

  1. boleh pertamax ya kang? Hehe

    mantap euy kang eksak ternyata jago agama... Salut

    ReplyDelete
  2. @kang SeMut gak da yg jago agama, kang! ane cuma murid yg gagal! hahaha...

    ReplyDelete
  3. haghag tetep yeee :p

    aku mo ngerayain maulud rame2,, biarin dituduh ahlul bidngah wal kuropat emang gue pikirin,, aku cuma mau ngerayain ultah nabiku :)

    hehe.. makasih berkenan tuk diterima award dari cinderella, wkwk :D

    ReplyDelete
  4. @jeng Uswah yuk! bareng2 dirayain., wahid aidhon., syukr0n katsir buat awardnya! :)

    ReplyDelete
  5. sepakat bang.... jadikan semua ini bermanfaat agar mendapatkan hasil yang bermanfaat pula... ngiri aku abang dapet award hehehehe. . .

    ReplyDelete
  6. @Kampung Karya cuma sharing, dab! mohon saran dan kritiknya, makasih jg dah mampir... :)

    ReplyDelete
  7. @susu segar alhamdulillah, sob! mari sama2 saling mengisi., mau? ambil aja, sob dari ane! :)

    ReplyDelete
  8. hadir kang..selamat menyambut maulid nabi kita muhammad SAW,Semoga bagi yg merayakan diberikan kelancaran dalam rangka mauludan..AMIN

    ReplyDelete
  9. @eksak selamat awardnya zob.. bid'ah itu apa sih zob,, tp bid'ah berbuat amal sepertinya g apa2 kan pahalanya tambah banya krn hanya menambah ibadah dari pd g ibadah.. (bohong sy g tau apa2 mslh agama)

    ReplyDelete
  10. @Kang Cuys makasih, kang! mari kita sambut bareng2... :)

    ReplyDelete
  11. @kang Agusductank bisa dibedakan kegiatan ibadah dan non ibadah, kang! dimana bid'ah adalah tambahan2 dalam ibadah yg gk disyari'atkan agama. kalo di non ibadah, yg pnting itu baik dan nganter pd kbaikan, itu sah2 saja! :) silahkan ditanyakan pd org yg lebih paham, ane cuma org blajar aja., ;)

    ReplyDelete
  12. assalamu 'alaikum warohmatullohita'ala wabarokaatuh,,

    Mudah2n dengan melaksanakan maulid nabi kita mendapatkan berkah dan manfaatnya, terutama kita mudah2n kita mendapat syafaat Beliau solallahu 'alaihi wasallam di di Akhirat nanti,, amiin,,

    Bagi yang ingin tahu dalil lebih jelas tentang maulid nabi, isthigatsah, tawassul, dan sejenisnya yg sering dilakukan oleh Aswaja, (umumnya warga nahdiyin), silahkan kunjungi http://www.majelisrasulullah.org yg diasuh oleh Habib Munzir,,,

    Marilah kita hargai perbedaan dan jauhkan dari sifat mencap kafir kepada sesama muslim yg masih terdapat kalimh syahadat dalam hatinya,,,,

    Wassalamu'alaikum warohmatullohitaala wabarokaatuh,,

    Allahumma sholli 'alaa sayyidina Muhammad,,!!

    ReplyDelete
  13. wa 'alaikum salam wa rohmatullahi wa barokatuh!
    sholallahu 'alaa Muhammad, sholallahu 'alaihi wa sallim.,

    betul, kang! yuk rame2 kita sambut hari kelahiran Rasulullah! skalipun sbagian org geger di luar sana, dg brharap syafa'at kita tunaikan apa yg jd kyakinan kita.,!

    smoga Allah mengampuni kita!
    aamiin... :)

    ReplyDelete
  14. Memang bener sob, agama itu penting kok buat dimana pun. Justru dari sinilah (blog) kita bisa mendapatkan atau berbagi ilmu dan pengalaman tentang ibadah yang baik. Apa lagi hidup ini cuma sekali, jadi teruslah berbagi ilmunya yang terbaik ya. hehe

    ReplyDelete
  15. @HEЯRY kita harus tetep punya guru, sob! tempat kita bertanya dan berdiskusi., krn blajar dari sini aja gk cukup! krna setan brtebaran dimana-mana! :)

    ReplyDelete
  16. wew, dilihat dari kelender kayanya sama dah bulan mulud, hmm ... barzanji ya, dulu seneng banget tuh iktan barzanji waktu di podok, tapi sekarang di jakarta hampir gak terlihat, kemana dia ya .. ^_^

    ReplyDelete
  17. pak ustadz, ane mau tanya nih..
    ada kisah nyata, dateng ke mauludan dengan niat mauludan dari rumah.. ehh.. pas ditengah2, pacarnya dateng nyamperin, lum selese tuh acara, eh.. si cewek kabur ma cowoknya mau pacaran katanya,, haha..
    naah loh.. pahala kan emang urusan ALLAH.. tp menurut pak ustadz gimana menanggapinya? menasehatinya? meluiruskannya? sebenernya sih sepele banget lah kalo menurut pak ustadz,, ya kan???

    ReplyDelete
  18. @Stupid monkey pernah mondok dmn, sob! manteb! skrang di jakarta, ya? ngapain? naik gunung apa disana? :)

    ReplyDelete
  19. @piepie_gds_87 pak ustadz? kebetulan beliau lagi gk da di tempat! kalo ada kjadian kyak gitu, biarin aja suka2 dia.,. dah bisa pacaran brarti dah gede. silahkan dinikmati sendiri dosanya! ;)

    ReplyDelete
  20. dulu pernah mondok di cirebon sob, cuma sebentar, hehe, keburu diusir sama yang pusa pesantren, karena termasuk santri yang mbuandel, hehe.

    sekarang dijakarta, gak ada gunung yg bisa di daki, sob, hehe ^_^

    ReplyDelete
  21. @Stupid monkey hehe...seneng punya sobat yamg mbuandel, jadi bisa belajar mbuandel juga!
    ati2 di ibukota, sob! masuk tipi baru tau rasa! hahaha...

    ReplyDelete
  22. wow Al Jawabul Kafi so gawul ya, pake elo gue... :p
    eh selamat awardnya... :)

    ReplyDelete
  23. @Annesya gak gawul, kok! tapi ngawur! makasih, ya... ;)

    ReplyDelete
  24. aaminn. semoga lebih baik dan lebih baik lagi..
    terima kasih sudah mengingat sobat, dan selalmat untuk awardnya. sukses selalu..
    salam persahabatan.. :)

    ReplyDelete
  25. @Outbound Malang arek ngalam, ta? sama2, maturnuwun sam! kita emg kudu saling mengingatkan... :)

    ReplyDelete
  26. wew, mana muat masuk tivi, masuk kulkas baru bisa, 'ngawur" wew ^_^

    ReplyDelete
  27. lumayan bisa di jadikan referensi :D

    ReplyDelete
  28. @Stupid monkey tipinya yg gede dong, sob! kayak yg ada di ruang banggar dpr! hahaha...

    ReplyDelete
  29. @Alprablog™ yaps, silahkan kang! makasih dah mampir... :)

    ReplyDelete
  30. yang QS. Al Baqarah: 29, emang ada ya yg artinya "elo"? gaul abis nih XD

    ReplyDelete
  31. @Alprablog™ ada, dong!

    Huwalladziy kholaqo "lakum" ma fil ardhi jami'aa...

    kata "lakum" artinya untuk kamu (jamak), atau 'buat elo semua...!

    ;)

    ReplyDelete
  32. ckckckckc..


    Jadi keinget sewaktu adu argumen di fesbuk.. Ckckckckck


    Hohohohihihi :p

    ReplyDelete
  33. @kang amanktani ini hasil batsu masa-il ane dgn senior2 ane dipenjara, kang! hehehe., ane posting biar gk lupa., ane kan dah fayakunu! :)

    ReplyDelete
  34. kang @eksak >> hoho penjara mana kang??? Zzzz



    Yoy tsabbata kallah fii haalik

    ReplyDelete
  35. @kang amanktani balesan komenya ngumpet! :r
    penjara jiwa2 yang kesasar, kang!
    aamiin... syukron 'alaa du'aik! :)

    ReplyDelete
  36. kali ini lagi islami yah. Semoga islami terus lah. Amin.

    ReplyDelete
  37. emang boleh masuk tivi disono, masuk penjara malah, iya ... :D

    ReplyDelete
  38. @haris widodo iya nih, sob! aamiin...
    makasih doanya, ya! :)

    ReplyDelete
  39. @Stupid monkey berarti kudu nabrak orang dulu, ya sob? huhuhu...

    ReplyDelete
  40. wah, soal hukum ya... yg aku tau sih, "yg salah itu harus dihukum, itu aja"
    soal adil atw tdknya bukan hukum manusia yg menentukan. karena sesungguhnya hukum Tuhan lah yg lebih Adil.
    karena Dia Yang Maha Adil.
    selamat awardnya ya, oya, award dariku jgn lp dibawa pulang ya, kalo gak semua ya tinggal kamu pilih aja.

    ReplyDelete
  41. wah.. rame nii.. selamet kang iia buat awardnya ;)

    ReplyDelete
  42. @Belajar Photoshop makasih atas ucapannya, sob! tengkyu juga dah mau nyasar kesini... :)

    ReplyDelete
  43. Eh bener tuh, ngeramein masjid.
    Bukannya bangun masjid baru yang sebenernya di jarak 100 meter juga ada masjid, hihi ^^

    ReplyDelete
  44. lagi trend bangun masjid sih, na! yg penting isinya gk kalah ama suporter di GBK.., #tp kayaknya gk mungkin, deh!
    malah bingung mau ke mesjid yg mana?

    matursuwon, wis nyasar mrene na... :)

    ReplyDelete
  45. Betul kat pa'ustad,,hehe tulisan ini mungkin untuk Salafi,,ngomong2 bagai mana tentang Syiah,saya dg di makassa suda banyak organisasi syiah,,ngegosip lagi,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane gk khususin buat golongan tertentu, sob! Gk pedul salafi atau syiah, yg pnting mereka peduli dengan Islam! ;-)

      Delete