Thursday, August 13, 2009

Seksi Dari Masa Ke Masa

Bentuk tubuh ideal udah dikenal orang sejak dahulu kala. Bukti-bukti sejarah nunjukkin kalo pada 1550 SM bentuk tubuh ideal yang didemenin di Pulau Kreta, Italia, adalah pinggang yang ramping. Diduga sejak bocah orang udah ngelilit pinggangnya biar bisa mbentuk.
Sampe awal abad ke-1 di Yunani nggak ada beda antara fashion cowok dan cewek. Mereka make tunik(bahasa Inggris: tunic= adalah pakaian longgar yang menutupi dada, bahu, dan punggung. Baju ini bisa berlengan atau tanpa lengan, dan panjangnya sampai di pinggul atau hingga di atas lutut)yang disebut "chiton". Bugil saat olahraga di gim merupakan kebiasaan pada waktu itu. Nggak ada rasa malu 'coz cowok juga nggak make apa-apa waktu olahraga. Bikini yang pertama diketemuin abad ke-3 M di Sisilia. Penutup dada dan celana ini dipake buat olahraga.

Keindahan leher mulai diperhatiin pada awal abad ini juga. Cewek mulai pake kalung dan anting.
Kalo sebelumnya cewek cuma pake baju longgar, mulai tahun 1130 fashion cewek mulai berubah. Sekitar tahun 1130 gaun cewek kelas atas mulai mengetat di pinggang, trus melebar di bagian bawah. Pada abad ke-16, rok dibuat melebar pake lingkaran kawat, kayu atau tulang ikan hiu. Korset mulai dikenal tahun 1822. Bahkan gadis kecil pun wajib pake korset!
Konsep seksi mulai berubah pada awal abad ke-20. Dada nggak lagi membusung, pinggang nggak terlalu ramping. Tahun 1925 cewek mulai pamer betis mereka. Sampe-sampe Kepala Gereja Napoli bilang kalo gempa di Amalfi adalah karna kemarahan Tuhan pada cewek yang mulai berani tampil seksi!
Mulai saat itu tipe Androgini juga disukai. Cewek mulai motong rambut pendek banget, so sulit mbedain antara cowok dan cewek.
Keindahan punggung mulai mulai di ditontonkan tahun 1930. Bahkan siang-siang pun cewek nekat make baju yang kebukak di bagian belakang. Bareng waktu itu buat pertama kalinya semua lekuk tubuh bagian belakang dipamerin.
Kalo tahun 40-an konsep seksi ada di sekitar dada dan pinggang, tahun 50-an di pinggul, tahun 60-an berubah banget. Paha mulai kelihatan, potongan leher rendah, atau kebahenolan tubuh membayang dalam gaun tembus pandang(wah..aseek, tuh..!).
Pas cewek mulai masuk dunia kerja, konsep seksi sedikit banyak berubah. Cewek nggak terlalu feminin lagi, 'coz busana cowok udah jadi bagian dari penampilan mereka. Kebahenolan bentuk tubuhnggak lagi diutamain karna cewek pengen mereka punya kemampuan sama dengan cowok(emansipasi, cuy..!).





No comments:

Post a Comment